Editorial
Oleh Aris Eko pada hari Selasa, 13 Okt 2015 - 11:41:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Akankah Faksi Keadilan Mampu Menguasai Kepengurusan PKS di Daerah?

576db80d3a5d7d029f2e4a334f7acec22817cdec9b.jpg
Logo PKS (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Duet Salim Segaf AlJufri-Mohammad Sohibul Iman dinilai bukti bangkitnya faksi keadilan dalam tubuh PKS. Faksi ini kini kembali menguasai struktur kepengurusan Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) PKS.

Sebelumnya, faksi keadilan terpinggirkan seiring dengan naiknya faksi sejahtera yang menghela PKS. Dimotori Anis Matta, faksi sejahtera menguasai kepengurusan PKS hingga daerah. Maklum Anis adalah Sekjen PKS beberapa periode.

Namun, berbagai kasus menjerat individu faksi sejahtera yang duduk dalam kepengurusan PKS. Menurun atau mendegnya perolehan suara PKS dalam Pemilu 2009 dan 2014 menjadi catatan buruk kiprah faksi sejahtera.

Khabarnya, inilah yang membuat kegalauan para petinggi PKS. Langkah PKS menempuh ijtihad politik menjadi partai terbuka yang mendongkrak perolehan suara pada pemilu 2004, tak terulang lagi pada 2009 dan 2014.

Eksperimen strategi PKS memenangkan kompetisi elektoral masih belum menuai hasil yang memuaskan dalam Pemilu 2009 dan 2014. Padahal, Pemilu 2019 menjadi pertaruhan paling seluruh parpol peserta pemilihan legislatif dan pilpres.

Duet Salim Segaf AlJufri dan Mohammad Sohibul Iman menjadi pilihan PKS menjawab tantangan itu. Belum hilang dari ingatan, tak lama setelah menjadi Presiden PKS, Sohibul Iman dikhabarkan bertemu Dubes Amerika.

Sohibul Iman ingin mengirim pesan bahwa PKS tetap dalam garis ijtihad politik sebagai partai terbuka. Presiden PKS yang juga doktor lulusan Universitas Waseda, Jepang ini tampaknya tak ingin kehilangan lagi buah strategi memenangkan elektoral.

Hanya berselang beberapa hari, berbagai Musda digelar di berbagai daerah. Umumnya agendanya tunggal yakni mengganti kepengurusan. Sejumlah petinggi PKS, yang umumnya berasal faksi keadilan turun gunung.

Hidayat Nur Wahid, mantan Presiden PKS yang berhasil mendongkrak perolehan suara pada Pemilu 2004 terbang ke Papua. Di Banten, hasil Musda menggeser seluruh pengurus. Wajah baru faksi keadilan mengisi semua kursi DPTW PKS Banten.

Namun, masih menjadi pertanyaan besar akankah keberhasilan di Banten bisa diikuti oleh daerah lain? Meski diingat bahwa ijtihad politik PKS di tahun 2004 rasanya masih menyisakan sejumlah penolakan dalam internal partai ini.(ris)

tag: #pks  #sohibul iman  #faksi keadilan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Editorial Lainnya
Editorial

Redam Harga Masker!

Oleh Firdaus
pada hari Selasa, 18 Feb 2020
Belakangan ini masyarakat terkejut dengan lonjakan harga masker hingga lebih 100% dan barangnya langka di beberapa apotik di Jakarta maupun daerah lainnya. Bahkan Komisi Pengawas Persaingan Usaha ...
Editorial

Degradasi Etika Pejabat

Keputusan Pemerintah menentukan Pangkalan Militer TNI di komplek Pangkalan Udara Raden Sajad Kepulauan Natuna untuk lokasi observasi 238 WNI dari Wuhan, China, adalah keputusan yang tepat. Pertama, ...