Ragam
Oleh Yunan Nasution pada hari Kamis, 15 Okt 2015 - 06:42:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Bagi Pecinta Makanan Pedas, Ini Loh Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

2makanan-pedas.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas Bagi Kesehatan mungkin belum semua orang mengetahuinya. Pedas bisa jadi dianggap sebagai pelengkap rasa makanan yang dikonsumsi. Bagi sebagian orang ketika mengonsumsi makanan pokok kemudian tidak ada rasa pedas seringkali dianggap ada yang kurang. Rasa pedas juga dianggap mampu meningkatkan keinginan untuk makan dan makan lagi.

Namun tidak sedikit pula yang menghindari pedas. Bisa jadi karena memang tidak suka atau karena perutnya tidak kuat, tiap mengonsumsi makanan terlalu pedas kemudian diare.

Untuk diketahui, rasa pedas pada cabai disebabkan oleh kandungan capsaicin. Nah, kandungan inilah yang memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat makanan pedas bagi kesehatan tubuh:

1. Berat badan turun
Sesuai penelitian, cabai mengandung senyawa capsaicin yang memberikan efek termogenik. Efek di mana kalori di tubuh dapat dibakar lebih banyak tidak lama sesudah menyantap makanan pedas.

2. Cegah kanker
Di sisi lain, senyawa capsaicin dalam cabai juga memiliki kemampuan membunuh sel-sel kanker. Artinya, mengunyah makanan pedas dapat mencegah Anda terserang penyakit mematikan ini.

3. Jantung membaik
Cabai juga dikenal untuk mengurangi risiko kardiovaskular. Menurut studi, mengonsumsi makanan pedas sama saja mengurangi masalah jantung, peradangan, stroke dan merusak kolesterol jahat (LDL)

4. Tekanan darah menurun
Penelitian lain menunjukkan bahwa senyawa dalam cabai memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah. Selain itu, senyawa tersebut juga membuat pembuluh darah lebih rileks.

5. Amarah berkurang
Makanan pedas dikatakan ampuh menikmati serotonin (hormon bahagia). Sehingga, makan cabai sama saja akan meringankan depresi yang sedang Anda alami.(yn/dbs)

tag: #makanan pedas  #kesehatan tubuh  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...