Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa/Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 15 Okt 2015 - 23:16:27 WIB
Bagikan Berita ini :

Terancam Gagal Menjadi PNS, Guru TK Gorontalo Mengadu ke DPR

38IMG-20151015-WA0009_1444924850639.jpg
Frida Mastari dan kawan-kawan di Gedung Nusantara I DPR RI, Jakarta, Kamis (15/10/2015) (Sumber foto : ahmad hatim benarfa/teropongsenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Inilah nasib guru honorer yang digaji pemerintah kabupaten Gorontalo. Bertahun-tahun mengabdi, setelah mengikuti proses pemberkasan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) terancam dibatalkan.

Penyebabnya sepele, khabarnya mereka dikategorikan guru honorer swasta. Untuk itulah sejumlah guru honorer Taman Kanak-Kanak (TK) Gorontalo itu mendatangi gedung DPR RI Jakarta.

"Niatnya, kami ingin bertemu anggota DPR Komisi II, kami ingin adukan nasib kami yang terkatung-katung selama ini," kata Frida Mastari di gedung Nusantara I DPR RI Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Lebih lanjut Frida menjelaskan bahwa status kepegawaian sebagai guru honorer terkatung-katung setelah adanya pengumuman dari Bupati Gorontalo. Mereka dikategorikan guru honorer swasta sehingga tak bisa diangkat menjadi PNS.

"Saat itu, tiba-tiba Bupati menganulir status 88 orang guru dari 324 guru honorer yang diangkat menjadi guru tetap, tanpa ada penjelasan yang masuk akal," terang dia. Hingga kini tidak ada alasan yang menjelaskan hal ini.

Frida mengungkapkan sebelumnya mereka sudah dinyatakan lulus proses pemberkasan menjadi PNS. Sehingga tinggal menunggu keluarnya Nomor Induk Pegawai (NIP). Sehingga sebagian mereka sudah ada yang syukuran dsbnya.

Untuk itu, kata dia, maksud kedatangan ke Jakarta ini untuk mengadu pada pihak-pihak yang memiliki kewenangan dalam hal ini. Selain ke DPR mereka juga mengadukan nasib dan minta penjelasan dari Menpan RB.

"Kita selain ke DPR, kita juga akan mendatangi Menpan RB, karena keputusan yang diumumkan bupati tersebut, katanya berasal dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN)," ujar Frida yang ketika itu didampingi rekannya senasib.

Anggota DPR Dapil Gorontalo, Elnino M Husein Mohi minta Menpan RB memberikan perhatian dan memberikan solusi terhadap kasus ini. Apalagi para guru itu sebagian besar telah berusia tidak muda lagi.

"Saya berharap Menpan RB bisa memberikan prioritas dan mengakomodir aspirasi para guru ini. Bayangkan, ada yang mengabdi lebih 30 tahun dan beberapa muridnya sudah menjadi doktor, tapi mereka masih guru honorer," ujar Elnino.(ris)

tag: #frida  #gorontalo  #guru  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...