Berita

Jangan Harap China Lakukan Alih Teknologi

Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Sabtu, 17 Okt 2015 - 07:51:40 WIB | 0 Komentar

Bagikan Berita ini :

72unnamed (8).jpg

Elnino M Husein Mohi, Anggota DPR Fraksi Gerindra (Sumber foto : antaranews)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Inilah pengalaman Elnino M Husein Mohi anggota Komisi I DPR saat bertemu anggota parlemen China. Menurut Elnino, China tidak akan mau atau rela melakukan alih teknologi.

"Mereka (anggota parlemen China-red) mengatakan China tidak bisa melakukan alih teknologi (tranfer technology) dalam berbagai bentuk kerjasama yang ditawarkan," ujar Elnino saat berbincang dengan TeropongSenayan, dua hari lalu.

Sikap atau prinsip China itu tidak lepas dari pengalaman yang dialami negara tirai bambu itu sendiri. Menurut penuturan anggota parlemennya, China juga tidak pernah mendapat transfer teknologi selama ini.

"Mereka mengaku untuk menguasai teknologi, China melakukan dengan 'merebut' bukan dengan belas kasihan dalam bentuk tranfer teknologi," papar Elnino. Negara itu melakukan berbagai taktik untuk menguasai teknologi.

Antara lain mengirim ribuan mahasiswa ke berbagai negara maju pada periode 1980-an. Selain itu menarik berbagai industri membuka pabrik di China dengan seluruh tenaga kerja harus orang China. Tujuannya untuk menguasai teknologinya.

Ungkapan Elnino itu disampaikan sebagai peringatan atas gencarnya kerjasama yang dijalin pemerintahan Jokowi dengan China. Tujuannya agar tidak terlalu berharap banyak namun setiap kerjasama dengan China harus dilakukan proporsional.(ris)

tag: #elnino  #china  #alih teknologi  

Bagikan Berita ini :