Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 28 Okt 2015 - 18:40:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Gabung ke TPP, Jokowi Kata Amien Bakal Ditertawakan China

58jokowi-setkab.jpg
Presiden Joko Widodo (Sumber foto : setkab.go.id)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengatakan, permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang ingin bergabung ke dalam koalisi negara-negara pasifik (Trends Pacific Partnership/TPP) justru merupakan perangkap Amerika untuk menjebak Indonesia.

"Kita, kata jokowi masuk ke TPP yaitu Trend Pacific Partnership di mana gabungan ekonomi pimpinan Amerika untuk mengurung kekuatan ekonomi dari China. Tapi saya membaca bahwa ini diketawakan oleh Beijing (China)," kata Amien di Bakrie Tower, Kuningan, Jakarta, Rabu (28/10/2015).

Amien menilai, langkah Jokowi bergabung ke TPP tidak memiliki nilai strategis. Bahkan, justru akan merusak hubungan Indonesia dengan China.

"Ini dikatakan tidak akan berpengaruh apa-apa. Bahwa Indonesia ini sekarang meluncur ke sebuah tingkatan, dimana kalau nggak hati-hati kita akan menjadi subordinat kekuatan ekonomi yang sangat dahsyat yang akhirnya kita akan kehilangan kedaulatan. Kehilangan game of action dan sekarang ini sudah hampir terlambat," paparnya.

Lebih lanjut, Amien menyampaikan bahwa satu tahun masa pemerintahan Jokowi-JK belum mampu memperbaiki struktur ekonomi nasional. Dalam posisi itu, ia menyalahkan karena Jokowi justru membawa Indonesia masuk menjadi bagian dari komposisi TPP.

"Ekonomi juga malah negatif. Sehingga kekuatan ekonomi yang sangat dahsyat saat ini, rupanya sistematik akan terus memasukkan kita ke dalam perangkapnya. Ini adalah keresahan psikologis dari segala yang sedang kesepian dan menangis. Ini akan saya sampaikan ke KMP, ini betul-betul serius," tutup mantan ketua umum PP Muhammadiyah tersebut.(yn)

tag: #jokowi  #amerika  #amien rais  #china  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Tolak RUU HIP, Hari Ini Massa Gerak Jabar Gelar Unjuk Rasa Di Gedung Sate

Oleh Givary Apriman
pada hari Jumat, 10 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ribuan massa ormas Islam yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Anti Komunis (Gerak) Jawa Barat (Jabar) akan melakukan unjuk rasa untuk menolak RUU Haluan Ideologi Pancasila ...
Berita

Pernyataan Jokowi dan Mensesneg Berbeda Soal Reshufle, ProDEM Sebut Pemerintah Suka Bikin Prank

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden Joko Widodo kembali mengeluhkan kinerja para menteri di Kabinet Indonesia Maju dan hal tersebut kembali dipublikasi Istana.  Semprotan Presiden Jokowi ...