Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 17 Okt 2015 - 07:57:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Paket Ekonomi Jilid V Sedang Disiapkan Pemerintah

85darmin-nasution-indra.jpg
Darmin Nasution (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Setelah baru saja mengeluarkan paket kebijakan ekonomi IV, pemerintah juga sedang menyiapkan paket ekonomi jilid V yang difokuskan pada deregulasi perizinan di tingkat daerah.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan hal itu.

"Kalau itu (paket ekonomi V) ada yang membicarakan soal daerah karena perizinan daerah itu banyak," kata Darmin di Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Darmin tidak membicarakan fokus paket kebijakan jilid V lebih lanjut, namun ia memastikan paket ini akan diumumkan paling cepat setelah kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat akhir Oktober 2015 mendatang.

"Kita sebenarnya stok (deregulasi peraturan) masih agak banyak. Tapi itu nanti sajalah," ucap dia.

Pemerintah baru mengumumkan paket kebijakan ekonomi jilid IV pada Kamis (15/10/2015) yang diantaranya mengenai kebijakan pengupahan yang lebih sederhana, perluasan penerima Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan implementasi pemberian kredit oleh LPEI untuk mencegah PHK.

Pemerintah juga telah menerbitkan paket kebijakan ekonomi jilid III pada Rabu (7/10/2015) yang meliputi penurunan harga BBM, listrik dan gas, perluasan penerima KUR dan penyederhanaan izin pertanahan untuk penanaman modal.

Ini adalah kelanjutan paket kebijakan ekonomi jilid I dan II yang telah diumumkan pada September 2015, yang diantaranya merupakan deregulasi peraturan untuk perbaikan iklim investasi dan percepatan proyek pembangunan.

Garis besar penerbitan paket kebijakan ekonomi tersebut adalah mempercepat pengembangan ekonomi makro yang kondusif, menggerakkan ekonomi nasional, melindungi masyarakat berpenghasilan rendah serta menggerakkan ekonomi pedesaan.(yn)

tag: #paket akonomi  #krisis ekonomi  #darmin nasution  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement