Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Selasa, 27 Okt 2015 - 08:24:37 WIB
Bagikan Berita ini :

Wow...Akrab, Obama Ajak Jokowi Mampir ke Kediamannya

48Joki-Obama_1445908715717.jpg
Presiden Jokowi dan Presiden Obama di Ruang Oval, Gedung Putih, Washington DC, Amerika, Senin (26/10/2015) (Sumber foto : setkab.go.id)

WASHINGTON DC (TEROPONGSENAYAN)--Usai pertemuan resmi, Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama mengajak Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mampir ke tempat kediamannya di Kompleks Gedung Putih, Washington DC.

Menurut Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi kejadian itu berlangsung usai pertemuan bilateral antara kedua pemimpin di ruang Oval, Gedung Putih. Retno mengungkapkan ajakan ini jarang dilakukan Obama.

"Presiden Jokowi diundang untuk berjalan sepanjang Rose Garden masuk ke residen tempat kediaman Presiden Obama," kata Retno dalam jumpa pers di Blair House Washington DC, Senin (26/10/2015) sesaat setelah pertemuan bilateral itu.

Setelah itu, Presiden Jokowi diajak oleh Presiden Obama berjalan dari lorong kediamannya menuju ke Oval Office atau ruang kerja Presiden. Obama bahkan mengantar Jokowi masuk ke dalam mobil ketika akan meninggalkan Gedung Putih.

"Ini menunjukkan kedekatan Obama terhadap Indonesia. Catatan kami termasuk untuk bagian yang diajak masuk ke residen beliau itu tidak pernah diberikan kepada kepala negara lain," katanya.

Menurut dia, hal itu menunjukkan ada harapan kerja sama dan kemitraan strategis antara AS dengan Indonesia dalam konteks yang lebib serius. Apalagi, kata dia, AS juga mengharapkan Indonesia dapat memainkan peran penting di ASEAN.

Bahkan, kata dia, telah ada empat Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani terpisah pada level Government to Government (G to G) yakni soal maritim, energi, pertahanan, dan bahan bakar.(ris/ant)

tag: #jokowi  #obama  #washington  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement