Berita
Oleh Diyah Kusumawardhani pada hari Selasa, 27 Okt 2015 - 12:14:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Jokowi Janji Gabung dengan Pakta Dagang Bebas, Obama Menang

85presiden-joko-widodo.jpg
Presiden RI Joko Widodo (Sumber foto : Istimewa)

WASHINGTON (TEROPONGSENAYAN) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menyetujui untuk bergabung dengan pakta dagang bebas Trans Pasifik (Trans-Pacific Partnership/TPP).

Bahkan, Presiden Jokowi mengaku akan mengambil resiko dalam menghadapi tentangan dari kaum nasionalis di Indonesia akibat janjinya untuk bergabung ke dalam pakta ini.

"Indonesia adalah sebuah perekonomian yang terbuka dan dengan penduduk 250 juta jiwa, kami adalah perekonomian terbesar di Asia Tenggara. Indonesia berhasrat untuk bergabung dengan TPP," kata Jokowi di Ruang Oval, Gedung Putih.

Dukungan Presiden Jokowi ini dianggap sebagai kemenangan politik bagi Presiden Amerika Serikat (AS) Barrack Obama yang memegang kendali pakta pedagangan bebas ini. Padahal, TPP sendiri mendapatkan perlawanan sengit dari Kongres yang didominasi Partai Republik dan tak didukung sepenuhnya oleh Partai Demokrat di AS.

Sementara, Obama sendiri mengatakan AS perlu membina hubungan baik dengan Jakarta.

"Jelas saya punya kepentingan sangat pribadi di Indonesia, mengingat fakta saya pernah menghabiskan waktu semasa kecil saya di sana dan punya keluarga orang Indonesia," kata Obama.

Obama melanjutkan, "Namun yang juga benar adalah kemitraan kita lebih untuk kepentingan Amerika Serikat, mengingat penduduk besar Indonesia, kepemimpinannya di kawasan, tradisi demokrasinya, fakta bahwa Indonesia adalah negara muslim terbesar dengan tradisi toleran dan moderat, serta perannya dalam pengembangan perdagangan, perniagaan dan ekonomi."

Untuk diketahui, saat ini ada 12 negara yang tergabung dalam TPP termasuk Australia, Kanada, Jepang, Meksiko, Vietnam dan Amerika Serikat, sehingga membentuk kawasan perdagangan bebas terbesar di dunia. Keberadaan TPP dianggap sebagai penyeimbang semakin dominannya ekonomi Tiongkok di Asia Pasifik. (mnx/Ant)

tag: #jokowi  #indonesia gabung pakta dagang bebas  #TPP  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...