Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Kamis, 29 Okt 2015 - 13:00:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Nasdem Bantah Anggaran Tax Amnesty Masuk RAPBN 2016

63unnamed.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Fraksi Partai Nasdem di DPR Jhonny G Plate membantah anggaran tax amnesty masuk dalam postur RAPBN 2015.

Menurut dia, asumsi tersebut hanya gosip politik semata.

"Yang pasti penerimaan negara dari tax amnesty tidak ada, itu gosip dari mana. Tidak mungkin ada penerimaan negara tanpa didukung undang-undang. Nanti tax amnesty bisa jadi potensi penerimaan negara kalau UU tax amnesty sudah ada," ujar Jhonny di gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Selain itu, ia juga tidak sepakat RAPBN 2016 disebut tidak pro rakyat. Jhonny menepis anggapan jika postur RAPBN yang didominasi dengan anggaran Penyertaan Modal Negara (PMN) bagi perusahaan-perusahaan BUMN itu dinilai tidak berpihak kepada rakyat.

Menurutnya, justru PMN tersebut memiliki orientasi bagi peningkatan ekuitas dengan menyesuaikan dengan pasar uang dunia.

"Ini penyertaan modal negara kepada BUMN dalam rangka tingkatkan ekuitasnya agar BUMN bisa leverage pembiayaan proyeknya di pasar uang. Ini dibuat supaya APBN jangan hanya pemerinrah yang bangun infrastruktur, tapi juga diberi kesempatan kepada BUMN. Karena Infrastruktur itu penting," tandasnya.

Jhon memastikan anggaran PMN sebesar Rp 39 triliun akan tetap di bawah pengawasan DPR. Sehingga, pencairan dana PMN tepat sasaran.

"Dan pencairannya nanti harus dibicarakan lagi melalui Komisi XI dan Komisi terkait sehingga pencairannya betul-betul rasional. Jadi bukan persetujuan gelondongan," ungkap dia.

Dikabarkan sebelumnya bahwa anggarantax amnestyatau pemutihan pajak dijadikan asumsi anggaran rencana APBN 2016.(yn)

tag: #tax amnesty  #rapbn 2016  #pajak  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Jangan Sembarangan, Klaim Obat COVID-19 Harus Lewat Pengujian

Oleh Rihad
pada hari Selasa, 04 Agu 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan tidak bisa seseorang mengklaim telah menemukan obat untuk mengobati COVID-19 tanpa melalui ...
Berita

Bamsoet Ajak Santri Milineal Kuasai Teknologi Informasi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong para santri milenial bisa mendobrak stigma yang selama ini melekat kepada mereka. Tak hanya tekun belajar untuk mempersiapkan ...