Berita
Oleh ahmad Hatim Benarfa pada hari Minggu, 24 Jan 2016 - 06:02:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Lulus SBMPTN, Mahasiswa Berhak Masuk Kampus Gratis dari Uang Pendaftaran

34Menristekdikti-M-Nasir.jpg
Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir (Sumber foto : Istimewa)

SEMARANG (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M. Nasir menegaskan pihaknya bakal mengembalikan uang pendaftaran SBMPTN bagi mahasiswa lolos seleksi, namun berasal dari keluarga miskin.

"Apabila mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) diterima dan kebetulan anak miskin, kami kembalikan (uang pendaftarannya-red)," katanya di Semarang, Sabtu (23/1/2016)

Hal tersebut diungkapkan mantan Rektor Universitas Diponegoro Semarang (Undip) terpilih itu usai meresmikan kampus baru Universitas PGRI Semarang (Upgris) yang dulu bernama IKIP PGRI Semarang.

Nasir mengakui memang ada kenaikan besaran pendaftaran SBMPTN pada tahun ini menjadi Rp200 ribu dari semula Rp100 ribu, namun kenaikan itu dilakukan agar penyelenggaraannya semakin baik.

"Sekarang, kenaikan (jadi, red.) Rp200 ribu itu material 'ga'? Dalam artian, material ini manakala biaya itu menjadi beban dari masyarakat," kata Guru Besar Fakultas Ekonomi Undip itu.

Ia mengatakan kenaikan biaya pendaftaran itu ditempuh karena kebutuhan penyelenggaraan SBMPTN semakin meningkat sehingga tidak mungkin menetapkan biaya yang sama untuk pelaksanaan SBMPTN tahun ini.

"Saya rasa pada saat biaya (pendaftaran-red) Rp100 ribu itu masih kurang. Makanya, kesulitan, compang-camping jalannya. Sekarang Rp200 ribu, saya harapkan mereka jalannya lebih baik," kata Nasir.

Sebagaimana diketahui, SBMPTN merupakan salah satu jalur masuk atau penerimaan mahasiswa baru perguruan tinggi negeri (PTN) yang dilakukan dengan sistem ujian tertulis dan keterampilan.

Berbeda dengan SBMPTN, Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) menggunakan pola seleksi berdasarkan rekam jejak akademis mahasiswa selama bersekolah atau disebut jalur undangan. (Icl)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...