Jakarta
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 30 Mar 2016 - 15:14:11 WIB
Bagikan Berita ini :

Sindir Teman Ahok, LIPI: Relawan Ujungnya Memburu Untung Juga

39siti-zuhro-indra.jpg
Siti Zuhro (Sumber foto : Indra/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kemunculan relawan dalamsekian banyak momentum pemilihan kepala daerah terus mendapatkan perhatian para pengamat dan praktisi politik. Dalam konteks Pilgub DKI misalnya, muncul sekelompok relawan dengan nama "Teman Ahok" yang berusaha mengkoordinir KTP untuk mendukung Ahok yang maju di Pilgub DKI 2017lewat jalur independen.

Pengamat politik Siti Zuhro mengatakan bahwa di balik kemunculan relawan pemenangan tersebut terdapat berbagai kepentingan yang disusupkan. Bahkan, kata dia, tujuan dari relawan pemenangan sendiri tetap mengarah pada upaya pencapaian pada kekuasaan.

"Tadinya saya senang relawan itu meluruskan sistem kita. Ikut membangun sistem. Idealnya seperti itu yang saya pikirkan. Tapi ujungnya tidak seperti itu juga. Mau untung juga," ujar Siti dalamacara diskusi bertajuk "Jalur Perseorangan: Penguatan Demokrasi atau Deparpolisasi," di Kantor MMD Initiative, Jalan Dempo Nomor 3, Menteng Jakarta Pusat, Rabu (30/3/2016).

Siti mengungkapkanbahwa fakta telah membuktikan bagaimana relawan pemenangan banyak dikooptasi para pemburu kursi kekuasaan. Akibatnya, kata Siti, pihak calon yang berhasil menang juga menjadi kerepotan dalam memberikan kompensasi kekuasaan atas kerja yang telah dilakukan para relawan.

"Kenyataan itu, kan kita bisa menyaksikan mulai Pilpres kemarin. Kerepotan juga. Sebagaimana besarnya jumlah relawan dan menunggu antre mau diberi apa. Ada yang memang rela, tapi jumlahnya terlalu sedikit dibanding yang tidak rela. Sehingga mengganggu siapapun yang dilantik," ungkapnya.

Siti menegaskan relawan pemenangan telah masuk dalam proses politik "jual beli sapi" di Indonesia.

"Tidak ada makan siang gratis. Artinya berpikir kalau kamu menang, tolong dong saya diberikan reward," ucapnya. (iy)

tag: #ahok  #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...