TSMuda
Oleh pamudji pada hari Rabu, 15 Jun 2016 - 22:59:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Mahasiswa UGM Kembangkan Sistem Peringatan Dini Kebakaran Hutan

92kebakaranhutan.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

YOGYAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Empat mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (UGM) mengembangkan sistem peringatan dini kebakaran hutan dengan kemampuan kerja lebih cepat dalam memberikan informasi kebakaran.

Empat mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) yang mengembangkan sistem peringatan dini (Early Warning System) tersebut adalah Yusuf Ginanjar Putra, Gewin Bestralen Muntoha, Ryan Tirta Saputra, dan Karrina Swastikaningsih.

"Sistem deteksi berbasis satelit yang selama ini digunakan memang mampu mendeteksi kehadiran spot api namun tidak dapat memberikan informasi mengenai dimensi dari spot api tersebut," kata Yusuf Ginanjar di Gedung Departemen Teknik Nuklir dan Teknik Fisika Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakata, Rabu (15/6/2016).

Menurut dia sistem yang ia kembangkan bersama tiga rekannya mampu mendeteksni kemunculan titik api dan mengetahui dimensi spot api di suatu wilayah dengan sensor berupa gelombang inframerah.

Ia mengatakan, apabila luasan titik api telah melebihi 100 meter persegi maka sensor sistem akan mengirimkan sinyal ke pusat pemantauan titik api yang selanjutnya direspons untuk segera dilakukan pemadaman titik api.

"Dengan demikian pengendalian api dapat dilakukan tepat waktu dan kebakaran tidak meluas," kata dia.(plt/ant)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
TSMuda Lainnya
TSMuda

Ikopin Jadikan Pekan Kewirausahaan Nasional Agenda Tahunan

Oleh Bani Saksono
pada hari Sabtu, 11 Nov 2017
BANDUNG (TEROPONGSENAYAN) – Turut aktif dalam program pengembangan kewirausahaan nasional, Institut Koperai Indonesia (Ikopin) aka menjadikan Pekan Kewirausahaan Nasional (PKN) sebagai agenda ...
TSMuda
Pembekalan Lulusan Fisip UPN "Veteran" Jakarta:

Jadi Entrepreneur, Itu Baru Modern

  JAKARTA [TEROPONGSENAYAN] – Para lulusan sarjana FISIP UPN "Veteran" Jakarta tahun akademik 2016 mendapatkan pembekalan kewirausahaan, awal September (3/9/2016) lalu. Seminar yang diisi ...