TSMuda
Oleh Atto Kuat pada hari Jumat, 17 Jun 2016 - 05:33:45 WIB
Bagikan Berita ini :

Mahasiswa UI Ikuti Lomba Robot Internasional

26ui.jpg
Universitas Indonesia (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Tim peneliti dari Universitas Indonesia akan mengiktui lomba robot internasional yaitu International Roboboat Competition ke-9 di Virginia, Amerika Serikat, 4-10 Juli 2016.

Salah satu peneliti dari tim peneliti Universitas Indonesia Zulfah Zikrina mengatakan robot yang akan dilombakan ialah robot eksplorasi di permukaan air bernama Makara 05 dan robot eksplorasi bawah air bernama Makara 06.2.

"Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki potensi yang besar di bidang kelautan. Robot yang kami ciptakan ini bisa mendukung dunia maritim Indonesia, terutama dalam bidang militer karena Makara 05 bisa mendeteksi objek asing di permukaan laut dan di bidang perikanan karena Makara 06.2 bisa mendeteksi objek dan warna di dalam laut," tutur Zulfah di Jakarta, Kamis (16/6/2016)

Kedua robot tersebut bisa berjalan dengan sendirinya untuk menjalankan sejumlah misi yang ditargetkan sejak awal. Kemampuan robot permukaan Makara 05 bisa melaju dengan kecepatan 3 knot, mendeteksi benda-benda dan memfotonya.

Sedangkan robot bawah Makara 06.2 yang bisa dibawa oleh Makara 05 dapat menyelam hingga kedalaman 10 meter untuk kemudian mengeksplorasi bawah air.

Robot air dari tim bernama Tim Autonomous Marine Vehicle tersebut pernah diikutsertakan pada perlombaan yang sama pada 2012 saat masih dalam bentuk paling awal yakni Makara 01.

Robot permukaan dan bawah air tersebut akan kembali mengikuti lomba yang sama setelah melalui berbagai macam pengembangan.

Tim yang berjumlah 25 orang tersebut merupakan gabungan dari mahasiswa berbagai fakultas yang masih menjalani studi program sarjana.

Sebelumnya, tim Autonompus Marine Vehicle tersebut menjadi pemenang pertama dari program Tanoto Foundation Research Award. Tanoto Foundation mendukung keberangkatan para mahasiswa UI untuk berlaga di kompetisi robot air internasional. (icl)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
TSMuda Lainnya
TSMuda

Ikopin Jadikan Pekan Kewirausahaan Nasional Agenda Tahunan

Oleh Bani Saksono
pada hari Sabtu, 11 Nov 2017
BANDUNG (TEROPONGSENAYAN) – Turut aktif dalam program pengembangan kewirausahaan nasional, Institut Koperai Indonesia (Ikopin) aka menjadikan Pekan Kewirausahaan Nasional (PKN) sebagai agenda ...
TSMuda
Pembekalan Lulusan Fisip UPN "Veteran" Jakarta:

Jadi Entrepreneur, Itu Baru Modern

  JAKARTA [TEROPONGSENAYAN] – Para lulusan sarjana FISIP UPN "Veteran" Jakarta tahun akademik 2016 mendapatkan pembekalan kewirausahaan, awal September (3/9/2016) lalu. Seminar yang diisi ...