Jakarta
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Rabu, 29 Jun 2016 - 07:25:00 WIB
Bagikan Berita ini :

DPRD DKI Dalami Kasus Pembelian Lahan Rusun Cengkareng

76cengkareng.jpg
(Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Skandal penyelewengan atas pembelian lahan Rumah Susun Cengkareng, Jakarta Barat oleh Pemprov DKI masuk dalam radar prioritas pantauan DPRD DKI.‎

Anggota Komisi A DPRD Gembong Warsono‎ memastikan, saat ini pihaknya tengah mendalami kasus yang diduga menyeret Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) itu.

"Kita sedang dalami secara detail. Artinya, kalaupun itu benar terjadi (penyimpangan) maka Pemda DKI jelas teledor. Soalnya fungsi pengawasan di Pemda tidak berjalan. Jadi ini kan pengawasan," kata Gembong, Selasa (28/6/2016) malam.

Menurutnya, Komisi A yang membidangi perizinan pertanahan bertanggung jawab melakukan fungsi pengawasan Pemprov DKI yang diakui tidak berjalan baik. Jika dalam pembelian lahan Rusun Cengkareng terjadi penyelewengan.

Selain itu, Gembong mengatakan bahwa inventarisir aset Pemprov DKI juga masih buruk. Alhasil, aset-aset yang ada masih tidak tercatat dengan baik.

Salah satu dampaknya terjadi pembelian lahan Rusun Cengkareng yang sebenarnya lahan tercatat milik Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan.

"Ini soal inventarisasi aset. Memang saya melihat betul bahwa pengelolaan aset Pemda DKI masih amburadul," ujarnya.

Di sisi lain, dia menjanjikan DPRD akan berkoordinasi dengan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mendalami temuan tersebut.‎

"Kita janji akan koordinasi dengan BPK dan BPKP dalam hal pengawasan. Tapi yang pasti Komisi A, kita panggil inspektorat untuk jelaskan keterangannya, apa yang selama ini dilakukan inspektorat," jelas Gembong. (icl)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Jakarta Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...