Ragam
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 20 Okt 2016 - 22:48:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Tiga Surga Pecinta Alam di Balikpapan yang Tiada Duanya

36wain.jpg
Hutan Lindung Sungai Wain (Sumber foto : Istimewa)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kesal dengan bising dan polusi udara kota?Bosan dengan destinasi wisata yang itu-itu saja?Butuh tempat untuk menyegarkan badan dan pikiran?

Jika semua jawabannya "iya", maka liburan ke Balikpapan bisa menjadi solusinya. Balikpapan memiliki destinasi eksotis layaknya Hutan Amazon yang memberikan pengalaman wisata berbeda dan jauh dari hiruk-pikuk kota. Selain itu, harga tiket pesawat ke Balikpapan juga semakin murah.

Sebagai contoh, maskapai Citilink melayani rute Jakarta-Balikpapan empat kali sehari. Tarif Citilink sudah termasuk bagasi 15 kg dan airport tax, sedangkan maskapai Lion Air memberikan kapasitas bagasi 20 kg per penumpang. Anda bisa mendapat tiket pesawat lebih murah di agen Lion Air secara online.

Soal penginapan, banyak hotel berbintang dengan berbagai pilihan tarif dan fasilitas. Misalnya Blue Sky Hotel yang lokasinya hanya sekitar 30 menit berkendara dari salah satu objek wisata yang akan dibahas, yaitu Taman Beruang Madu.

Berikut tiga wisata eksotis di Balikpapan yang cocok menjadi destinasi liburan Anda tahun ini:

1. Bukit Bangkirai
Hanya di Bukit Bangkirai Anda bisa meniti jembatan gantung pada ketinggian 30 meter (sekitar 10 lantai) yang terikat di pohon bangkirai. Awalnya, jembatan gantung pertama di Indonesia yang dibangun oleh ”Canopy Construction Assosiation" asal Amerika pada tahun 1998 ini bertujuan untuk penelitian. Namun saat ini fasilitas tersebut dibuka untuk dinikmati oleh masyarakat umum.

Selain mengamati flora dan fauna dari atas jembatan gantung, Anda bisa berkemah atau menyewa penginapan di rumah panggung yang tersedia di dalam kawasan konservasi Bukit Bangkirai.

Wilayah konservasi hutan hujan tropis Bukit Bangkirai berjarak sekitar dua jam berkendara (20 km) dari pusat kota Balikpapan.

Harga tiket masuk Bukit Bangkirai Rp 5.000 per orang. Tarif untuk naik ke jembatan kanopi Rp 15.000 per orang (harga dapat berubah sewaktu-waktu)

2. Hutan Lindung Sungai Wain
Hanya ada dua cara untuk masuk Hutan Lindung ‘perawan’ Sungai Wain, yaitu: Berjalan kaki menembus lebatnya pepohonan lewat rute terjauh sekitar tiga jam atau menggunakan perahu menyusuri Sungai Wain yang dihuni buaya sekitar 40 menit. Soal keamanan, Anda tidak perlu khawatir karena tersedia pemandu untuk menemani Anda selama di dalam hutan.

Ingin menelusuri hutan lebih santai? Terdapat jembatan kayu dan menara pengintai untuk mengamati flora dan fauna di dalam kawasan Hutan Lindung Sungai Wain.

Butuh sekitar 30 menit berkendara dari Balikpapan menuju Hutan Lindung Sungai Wain. Pintu masuk Hutan Lindung Sungai Wain berada di KM14 Jalan Balikpapan-Samarinda.

Harga tiket masuk Hutan Lindung Sungai Wain mulai dari sekitar Rp 180.000 (dapat berubah sewaktu-waktu) per kelompok yang berisi 1-6 orang.

3. Hutan Mangrove Margomulyo
Kawasan Hutan Mangrove Margomulyo berbeda dengan hutan mangrove di daerah lainnya. Hutan Mangrove Margomulyo merupakan rumah bagi hewan langka yang hanya hidup di Kalimantan yaitu bekatan (monyet berhidung panjang) dan beberapa spesies burung.

Untuk penggemar fotografi, Hutan Mangrove Margomulyo adalah tempat yang fotogenik. Jembatan kayu sepanjang 800 meter di tengah pepohonan mangrove yang rindang sering dijadikan tempat melakukan pemotretan.

Hanya dengan berkendara sekitar 20 menit (sekitar 9 km) dari pusat kota Balikpapan, Anda bisa mencapai Hutan Mangrove Margomulyo.

Anda bisa masuk ke Hutan Mangrove Margomulyo secara gratis mulai pukul 07:00 - 16:30 WIB setiap hari. (icl)

tag: #balikpapan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...