Berita
Oleh Sahlan pada hari Minggu, 23 Okt 2016 - 20:23:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Dua Tahun Jokowi-JK, SMRC: Tingkat Pengangguran Masih Tinggi

51pengangguran.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dalam dua tahun kepemimpinannya, pemerintahan Jokowi-JK belum mampu menurunkan tingkat pengangguran. Penyebab tingginya angka pengangguran lantaran sulitnya mencari pekerjaan.

Hal ini ditunjukan dari hasil survei yang dirilis Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) dalam 'Evaluasi Publik Dua Tahun Kinerja Pemerintahan Jokowi-JK' di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta Pusat, Minggu (23/10/2016).

SMRC mencatat, mayoritas warga atau sebesar 56 persen menyatakan jumlah pengangguran sekarang lebih banyak ketimbang tahun lalu. Sementara itu, warga yang menilai tingkat pengangguran berkurang hanya 16 persen dan yang menilai sama sebesar 24 persen.

"Pengangguran dibanding tahun lalu masih cukup banyak," kata Direktur SMRC Sirojudin Abbas.

Namun, Sirojudin memapasrkan, angka itu menunjukkan adanya perbaikan dibandingkan 10 bulan yang lalu. Sebab, pada Desember 2015, warga yang yang menilai tingkat pengangguran semakin berkurang hanya tujuh persen.

Sirojudin Abbas mencatat sebanyak 63 persen warga menilai mencari pekerjaan semakin sulit.

"Pada umumnya cukup serius, masih 63 persen. Masih mayoritas mengatakan mencari kerja saat ini sulit," papar dia.

Sementara untuk daya beli, bebernya, sebanyak 49 persen warga merasa semakin berat dalam memenuhi kebutuhan pokok. Sedangkan yang mengatakan semakin ringan 16 persen, dan yang merasa sama dengan tahun lalu sebanyak 34 persen.

"Fakta daya beli masih cukup rendah. Meski ada perbaikan dari bulan Juni ke Oktober sebesar 12 persen, tetapi secara umum warga yang bilang kebutuhan pokok lebih berat ini masih banyak," tandasnya.

Survei SMRC ini menggunakan metodelogi multistage random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 1.035 orang atau sebesar 84,8 persen. Margin of error dalam survei yang dilakukan dalam kurun waktu 13-17 Oktober sebesar 3,1 persen, dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.(yn)

tag: #jokowi  #kinerja-jokowi  #survei-smrc  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ketua Umum IMI Bamsoet Dukung Gelaran Pecah VW 2024 Dapatkan Rekor MURI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mematangkan persiapan acara pemecahan Rekor MURI, ...
Berita

SOKSI Optimis MK Tak Lampaui Wewenangnya: Prabowo-Gibran Presiden dan Wapres Terpilih

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjelang putusan MK tentang sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga menyatakan optimis amar ...