Opini
Oleh Agus Yuliawan, ST. ME.Sy, public relations Ikatan Saudagar Muslim Se - Indonesia (ISMI) pada hari Jumat, 11 Nov 2016 - 17:16:10 WIB
Bagikan Berita ini :

ISMI Bertekad Kembangkan Teknosa

38IMG-20161111-WA0004.jpg
Rakornas -2 Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) di Jakarta, Jumat (11/11/2016). (Sumber foto : DOK/TEROPONGSENAYAN)
Teropong Juga:

Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ke - 2 di Jakarta, bertekad untuk mengembangkan teknologi, inovasi dan kewirausahaan (teknosa). Hal ini dikarenakan untuk memacu pertumbuhan bisnis di kalangan umat Islam Indonesia. Pernyataan ini diungkapkan oleh Ketua Umum ISMI Ilham Akbar Habibie di Rakornas ISMI.

Lebih jauh, Ilham menambahkan, dengan adanya Rakor ISMI ke-2, ke depannya akan melakukan koordinasi dengan jaringan - jaringan ISMI di berbagai daerah dalam mengembangkan teknosa. Ia menyadari perekonomian umat Islam masih banyak ketertinggalannya. Maka, di tahun yang akan datang, kehadiran ISMI ekonomi umat Islam harus berkembang dengan pesat. Teknosa, kata dia, merupakan salah satu solusi dalam memajukan para pelaku bisnis Muslim di Indonesia.

Fokus dari Teknosa, menurut Ketum ISMI, adalah pada pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Dalam UMKM terbagi dalam berbagai kelas yang ada dan itu harus dibenahi dalam teknosanya baik permodalan, teknologi, pemasaran dan kualitas sumber daya manusia. ISMI menyakini dengan teknosa akan mengangkat pelaku pelaku UMKM umat Islam. "Saya meyakini dengan jaringan ISMI yang ada selama ini akan mempu mendongkrak persoalan ekonomi umat," paparnya.

Sektor UMKM menjadikan bidikan dari ISMI, hal ini tidak lepas dari besarnya produk domestik bruto ( PDB) yang disumbangkan di sektor tersebut. Maka, membangun teknosa di sektor UMKM akan melecut para saudagar Muslim untuk terlibat dalam pembangunan ekonomi.

Terkait dengan organisasi itu, Ilham menjelskan, ISMI adalah organisasi saudagar muslim yang dimotori oleh empat organisasi massa Islam yakni Muhammadiyah, NU, MUI,dan ICMI.

Tujuan didirikannya ISMI adalah menciptakan pelaku pelaku bisnis di kalangan umat Islam dan memiliki kontribusi dalam pembangunan.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang juga Sekretaris Jendral Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas mengatakan, salah satu yang belum dikuasai oleh umat Islam di Indonesia adalah sektor perekonomian. Padahal, penentu kekuasaan di negeri ini adalah siapa yang menguasai ekonomi. Inilah, menurutnya, harus dikejar oleh umat Islam. Maka, terbentuknya ISMI sangat strategis bagi umat Islam untuk berusaha keras dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dengan demikian umat Islam akan sejahtera.

Anwar Abbas menambahkan, kata kunci dari keberhasilan umat Islam dalam menumbuhkan ekonomi adalah membangun sinergisitas bersama. "Melalui ISMI inilah tempat membangun sinergisitas bagi para pelalu usaha Muslim Indonesia," paparnya. []

TSKita didedikasikan untuk mengakomodasi opini/tulisan, dan berita dari masyarakat. Isi tulisan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Disclaimer : Rubrik Opini adalah media masyarakat dalam menyampaikan tulisannya. Setiap Opini di kanal ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis dan teropongsenayan.com terbebas dari segala macam bentuk tuntutan. Jika ada pihak yang berkeberatan atau merasa dirugikan dengan tulisan ini maka sesuai dengan undang-undang pers bahwa pihak tersebut dapat memberikan hak jawabnya kepada penulis Opini. Redaksi teropongsenayan.com akan menayangkan tulisan tersebut secara berimbang sebagai bagian dari hak jawab.

tag: #ikatan-saudagar-muslim-indonesia-ismi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Opini Lainnya
Opini

Catatan untuk Partai PKB dan Pilgub DKI Jakarta

Oleh Syahganda Nainggolan
pada hari Sabtu, 18 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Jumhur Hidayat baru saja menelpon saya terkait kunjungan sekertaris PKB DKI dan rombongan kemarin, yang datang ke kantornya, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia ...
Opini

Prabowo Subianto dan Diktatorship Kerakyatan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Spontan rakyat Indonesia kaget dengan pernyataan politik terbaru Prabowo Subianto: "Bersama Saya atau Diam Menonton!". Hal itu dinyatakan Prabowo kemarin pada ...