Berita
Oleh Sahlan pada hari Jumat, 25 Nov 2016 - 10:49:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Dikabarkan Bakal Diduduki, Gedung DPR Dijaga Ekstra Ketat

69motor-polisi.jpg
Sejumlah motor pihak kepolisian berjejer di sekitar pintu masuk utama gedung DPR/MPR dan mobil water canon telah bersiaga untuk mengamankan aksi unjuk rasa yang rencananya akan dilakukan sekelompok massa hari ini, Jumat (25/11/2016) (Sumber foto : Sahlan/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Penjagaan kompleks DPR/MPR pada hari ini, Jumat (25/11/2016) tak seperti biasanya. Sejumlah aparat kepolisian berjaga-jaga di setiap sudut setiap pintu masuk gedung Parlemen dan sejumlah titik di sekitar lingkungan DPR.

Berdasarkan pantauan TeropongSenayan, setiap orang yang masuk ke DPR menggunakan kendaraan roda dua diwajibkan untuk membuka helm dan menunjukkan kartu identitas.

Tak hanya itu, pihak kepolisian pun menerjunkan sejumlah anjing pelacak.

Wakil Kepala Polda Metro Jaya Brigadir Jenderal Suntana mengatakan, pengamanan yang dilakukan pihaknya merupakan tugas rutin dalam mengamankan objek vital.

"Kita laksanakan terus standby. Sebelumnya kita melaksanakan operasi rutin dan ada rekan-rekan Brimob dari kesatuan Polda lain bertugas dan membantu di sini seperti biasa," kata Suntana di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Kemdati demikian, Suntana menjelaskan belum mendapat informasi lanjutan mengenai jumlah demonstran yang akan menyampaikan pendapatnya di gedung Parlemen. Ia juga belum mendapatkan kabar mengenai tuntutan yang akan disampaikan para pengunjuk rasa.

"Sehingga akan jelas ketahuan apa yang ingin disampaikan dalam unjuk rasa tersebut," kata Suntana.

Suntana enggan merinci jumlah personel yang diterjunkan dalam pengamanan kali ini. Jumlah aparat yang diterjunkan, kata dia, akan disesuaikan dengan jumlah massa yang berdemonstrasi.

Terdapat 11 pintu masuk utama dan kecil gedung MPR/DPR yang dijaga aparat gabungan kepolisian dari unsur Brimob, Pamobvit, Sabhara, Provos, unsur TNI dan pengamanan dalam parlemen. Setiap pintu dijaga sekitar 10-20 petugas.

Empat unit mobil pemadam kebakaran, tiga unit mobil water cannon, dan barracuda juga disiagakan di halaman depan Gedung MPR/DPR.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian mengaku mendapatkan informasi bahwa dalam aksi pada 25 November 2016, massa berencana menduduki gedung parlemen Senayan, Jakarta.

Bahkan, ia mengetahui adanya sejumlah pertemuan yang membahas soal rencana tersebut.

"Info yang kami terima, 25 November ada aksi unjuk rasa. Namun, ada upaya tersembunyi dari beberapa kelompok yang ingin masuk ke dalam DPR, berusaha 'menguasai' DPR," kata Tito di Kompleks Mabes Polri, Jakarta, Senin (21/11/2016).(yn)

tag: #aksi-25-november  #polda-metro-jaya  #polri  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...