Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Minggu, 04 Des 2016 - 16:21:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Miris, 900 Pilot Indonesia Menganggur

67budikaryasumadi.jpg
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini masih ada 900 pilot Indonesia yang belum mendapat pekerjaan. Dia menilai hal itu sebagai tantangan dunia pendidikan penerbangan dalam negeri.

"Kita punya dua tantangan, satu itu kompetisi, bukan lagi antardaerah tapi global. Kedua, dalam dunia pendidikan kita menghadapi satu masalah besar di mana 900 pilot kita tidak mendapatkan lapangan pekerjaan," katanya usai Kampanye Keselamatan Penerbangan di Jakarta, Minggu (4/12/2016).

Budi menjelaskan, solusi untuk mengatasi masalah itu adalah meningkatkan kualitas pilot lewat program-program pelatihan. Program ini untuk menambah keterampilan mereka karena sebagian pilot tidak diserap perusahaan penerbangan karena dinilai belum mumpuni.

"Apabila kita memberikan kompetensi, keterampilan tambahan kepada mereka, bisa diajak sebagai pilot-pilot yang memang dibutuhkan," katanya.

Dia menambahkan, lulusan pendidikan pilot juga harus mengikuti proses, harus mau menerbangkan pesawat kecil sekelas Cessna Caravan atau ATR terlebih dulu, tidak bisa langsung menerbangkan pesawat berbadan lebar.

"Saya yakin banyaknya pilot yang menganggur karena enggak lulus tes, diharuskan melalui proses terlebih dahulu, enggak bisa langsung Boeing 737, harus mengerti syarat-syaratnya dulu," katanya.

Budi mengatakan, pemerintah selanjutnya juga akan membatasi penerimaan tenaga pilot asing untuk memberikan kesempatan kerja lebih besar kepada pilot dari dalam negeri.

"Di sisi lain kita membatasi pilot asing yang beroperasi di Indonesia. Saya pikir, di satu sisi terbuka tapi kalau nyatanya kesempatan pilot kita berkurang, kurang bermanunggal," katanya.(plt/ant)

tag: #dunia-penerbangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement