Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 06 Des 2016 - 05:59:36 WIB
Bagikan Berita ini :

OKI Diminta Gelar Rapat Darurat Selamatkan Rohingya

97Din.jpg
Din Syamsuddin (Sumber foto : Istimewa)

YOGYAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan Organisasi Kerjasama Islam (OKI) perlu segera menggelar rapat darurat untuk menyelamatkan warga Muslim Rohingnya di Provinsi Rakhine, Myanmar.

"Sehingga negara-negara Islam lewat Organisasi Kerjasama Islam (OKI) bisa mengambil langkah-langkah yang konkret, nyata, dan segera untuk menyelamatkan warga Muslim di Rohingnya," kata Din di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (5/12/2016).

Menurut Din, Pemerintah Myanmar sudah seharusnya menghentikan pembantaian yang mengarah pada pembersihan etnis di Rohingnya tersebut.

"Mendesak Pemerintah Myanmar untuk menghentikan pembantaian yang dilakukan masyarakat apalagi melibatkan aparat keamanan. Kami mengecam keras," kata dia.

Di sisi lain, Din juga meminta Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri agar mendesak Myanmar melalui mekanisme yang berlaku di ASEAN.

"Karena Myanmar juga anggota ASEAN, maka demi solidaritas dan stabilitas ASEAN sudah semestinya penindasan terhadap etnis Rohingnya dihentikan," kata dia.

Meski demikian, Din meminta kepada warga muslim di Indonesia agar tidak memandang kasus pembantaian Rohingnya sebagai isu agama. "Tidak perlu konflik di luar negeri sana dibawa ke dalam negeri untuk menjaga Indonesia yang harmonis," kata dia.

Din justru berharap masyarakat Indonesia ikut membantu keperluan logistik bagi para pengungsi Rohingnya termasuk yang ada di Aceh dan Sumatera Utara.

"Pemberian bantuan sebetulnya sudah dari dulu namun Pemerintah Myanmar tidak membiarkan bantuan diantar langsung ke Rohingnya tapi dikumpulkan di Ibu Kota Yangon. Namun begitu masih ada pengungsi Rohingnya di tanah air kita," kata dia. (Antara/icl)

tag: #rohingya  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...