Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 07 Des 2016 - 14:48:16 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR: Amerika Akan Bereaksi Jika Rupiah Mengacu ke China

62achmad-hafisz-tohir.jpg
Achmad Hafisz Thohir (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Achmad Hafisz Thohir menyayangkan pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan kurs rupiah harus mengacu kepada mata uang yuan China, selain dollar Amerika.

"Ya gak harus begitu, kitakan penganut devisa bebas," kata politisi PAN ini di Jakarta, Rabu (07/12/2016).

Lebih lanjut Hafisz menilai, pernyataan tersebut tak lebih karena posisi perekonomian Indonesia yang banyak bergantung pada China.

"Saya kira ini karena terlalu besarnya ketergantungan ekonomi kita kepada RRC, sehingga neraca pembayaran kita banyak menyita yuan, dan neraca perdagangan RI-China saat ini posisi kita minus sejak 3 tahun," tandas dia.

Saat ditanya soal kemungkinan sikap Ameriksa Serikat atas pernyataan Presiden Jokowi tersebut, Hafisz memperkirakan Negeri Paman Sam itu tidak akan tinggal diam.

"Tentu Amerika akan bereaksi jika memang kita merubah kebijakan menyimpan dollar menjadi Yuan dan posisi RI akan sulit, walaupun di satu sisi memang saat ini hutang kita sudah mulai banyak dalam bentuk yuan (negeri China), sedikit banyak akan mempengaruhi para investor USA dan barat," ungkapnya.(yn)

tag: #dolar  #rupiah  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...