Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Kamis, 08 Des 2016 - 15:34:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Kepala Daerah dari Dinasti Politik Rawan Korupsi

52icw-diskusi.jpg
Donal Fariz (kiri) dalam diskusi Dinasti Politik Rawan Korupsi di Jakarta, Kamis (8/12/2016). (Sumber foto : Bara Ilyasa/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Peneliti Indonesia Coruption Watch (ICW) Donal Fariz menilai, kepala daerah yang berdasarkan kekerabatan atau dinasti politik berpotensi melakukan korupsi anggaran di daerahnya.

Menurut Donal, kepala daerah tersebut harus mampu menjaga jaringan-jaringan yang dimiliki oleh keluarganya sehingga mengeluarkan modal yang banyak dalam menjaga jaringan tersebut.

Ia menambahkan, ada potensi penyalahgunaan anggaran, banyaknya dana bansos dan hibah merupakan fenomena untuk mengeruk akses anggaran negara.

"Perkataan pimpinan KPK kan tidak jauh dari soal dinasti politik dan bagaimana menghidupi partai politik. Rentan kena kasus krouspi karena menjaga jaringan-jaringannya itu butuh dana yang tidak sedikit. Banten misalnya, Andika yang merupakan anak dari Mantan Gubernur Banten jika terpilih harus mampu menjaga jaringan ibunya, karena jika ada setiap kegiatan partai politik atau ormas under bow asti akan dicari terlebih dahulu untuk dimintai dana," ujar Donal dalam diskusi 'Dinasti Politik Rawan Korupsi' di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Lanjut Donal, berbeda dengan kepala daerah yang lahir bukan berdasarkan dinasti politik karena tidak mempunyai beban untuk menghidupi jaringan-jaringan.

"Tapi orang yg lahir tidak dari jaringan politik tidak ada beban untuk mengurusi ormas-ormas underbow parpol itu sendiri," ungkapnya.(yn)

tag: #icw  #pilkada-serentak-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadli Zon Bersuara Soal PKI, Netizen: Kenapa Sekaran Pada Berani Ujuk Gigi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 25 Mei 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon melontarkan tentang partai komunis Indonesia (PKI) lewat akun Twitternya @fadlizon. Kicauan Fadli ini membuat banyak ...
Berita

Ingin Berobat dan Mengurus Pesantren, Bupati Bener Meriah Mundur

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Tgk Sarkawi menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Bupati Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, yang diumumkan kepada masyarakat pada saat pelaksanaan ibadah ...