Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Kamis, 08 Des 2016 - 15:34:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Kepala Daerah dari Dinasti Politik Rawan Korupsi

52icw-diskusi.jpg
Donal Fariz (kiri) dalam diskusi Dinasti Politik Rawan Korupsi di Jakarta, Kamis (8/12/2016). (Sumber foto : Bara Ilyasa/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Peneliti Indonesia Coruption Watch (ICW) Donal Fariz menilai, kepala daerah yang berdasarkan kekerabatan atau dinasti politik berpotensi melakukan korupsi anggaran di daerahnya.

Menurut Donal, kepala daerah tersebut harus mampu menjaga jaringan-jaringan yang dimiliki oleh keluarganya sehingga mengeluarkan modal yang banyak dalam menjaga jaringan tersebut.

Ia menambahkan, ada potensi penyalahgunaan anggaran, banyaknya dana bansos dan hibah merupakan fenomena untuk mengeruk akses anggaran negara.

"Perkataan pimpinan KPK kan tidak jauh dari soal dinasti politik dan bagaimana menghidupi partai politik. Rentan kena kasus krouspi karena menjaga jaringan-jaringannya itu butuh dana yang tidak sedikit. Banten misalnya, Andika yang merupakan anak dari Mantan Gubernur Banten jika terpilih harus mampu menjaga jaringan ibunya, karena jika ada setiap kegiatan partai politik atau ormas under bow asti akan dicari terlebih dahulu untuk dimintai dana," ujar Donal dalam diskusi 'Dinasti Politik Rawan Korupsi' di Jakarta, Kamis (8/12/2016).

Lanjut Donal, berbeda dengan kepala daerah yang lahir bukan berdasarkan dinasti politik karena tidak mempunyai beban untuk menghidupi jaringan-jaringan.

"Tapi orang yg lahir tidak dari jaringan politik tidak ada beban untuk mengurusi ormas-ormas underbow parpol itu sendiri," ungkapnya.(yn)

tag: #icw  #pilkada-serentak-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...