Berita
Oleh syamsul bachtiar pada hari Rabu, 21 Des 2016 - 13:02:56 WIB
Bagikan Berita ini :

Nyata, Anggota DPR Ini Temukan TKA Cina di Proyek BUMN

68hekal.jpg
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Mochamad Hekal (kanan) (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Wakil ketua Komisi VI DPR RI Mochamad Hekal menegaskan, pihaknya pernah menemukan Tenaga Kerja Asing (TKA) Cina di salah satu perusahaan plat merah alias Badan Usaha Milik Negara (BUMN) saat melakukan kunjungan kerja beberapa waktu lalu.

"Ada, terkait proyek yang investasi dari Cina. Tapi hanya tenaga skill khusus. Mereka bekerja di PLN, di Riau, PLTU Tenayan. Yang kita lihat cuma dua, pimpinan proyeknya saja," terang Bendahara Fraksi Gerindra DPR RI ini saat dihubungi TeropongSenayan di Jakarta, Rabu (21/12/2016).

Ditanya apakah komisi VI sudah melakukan pengecekan kepada BUMN terkait tentang keberadaan para pekerja asal Cina, Hekal mengaku sudah.

"Selama ini sudah, setiap kunjungan proyek, tapi mungkin ke depan kita akan beri peringatan khusus kepada menteri BUMN. Dan minta mereka kasih laporan buat pegangan kita," tandasnya.

Pada bagian lain, kata dia, dalam menyikapi persoalan ini harus ada kajian ulang tentang kebijakan bebas visa.

"Kita sangat ingin dukung pariwisata Indonesia, tapi harus bisa cepat diawasi berapa diantara wisatawan tersebut nggak pulang. Dan dari segi proyek-proyek pemerintah dan BUMN kita syaratkan pekerja lokal kecuali yang punya skill khusus," tegas Ketua DPP Partai Gerindra ini.

Tak hanya itu, lanjut dia, Komisi VI juga sudah berulangkali mengingatkan agar Kementerian BUMN lebih memprioritaskan pekerja dalam negeri ketimbang pekerja asing.

"Sudah kita wanti-wanti dari tahun lalu, tapi pas masuk akan kita peringatkan lagi untuk konsisten menjaga lapangan kerja untuk anak bangsa sendiri," tutup dia. (plt)

tag: #cina  #tenaga-kerja-asing-tka  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...