Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Sabtu, 24 Des 2016 - 12:30:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Ada Misi Lain Dibalik Maraknya Serbuan TKA Cina

32cinalagi.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Umum Federasi Serikat Pekerja Maritim Indonesia (KSPSI), Jumhur Hidayat menegaskan, persoalan tenaga kerja asing (TKA) asal Cina tidak apple to apple bila disamakan dengan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berada di luar negeri.

Menurut Jumhur, hadirnya tenaga kerja Indonesia (TKI) merupakan permintaan negara internasional dan meminta izin langsung kepada Indonesia.

"Kalau terjadi migrasi biasanya diminta. Kalau ada yang membandingkan ngapain 74 ribu orang Cina ke Indonesia dan TKI di luar negeri, itu tidak apple to apple. Kalo TKI sangat dibutuhkan oleh luar negeri," kata Jumhur saat diskusi bertajuk 'Di Balik Serbuan Warga Asing' di Restauran Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (24/12/2016).

"Jadi ini lucu, tidak ada permintaan yang kuat untuk mendatangkan TKA Cina, ini mereka datang. Contohnya Korea Selatan, mereka sangat besar sekali kebutuhan tenaga kerja asal Indonesia. Tapi mereka satu minggu suruh iklankan media massa soal lowongan tersebut. Bila tidak ada, baru TKI masuk," paparnya.

Maka itu, Jumhur menduga serbuan TKA Cina ke Indonesia ada misi lain yang tengah dilakukan pengusaha dengan mendatangkan TKA. Sebab, secara logika ekonomi, hadirnya TKA bukan memperkecil biaya, namun memperlebar biaya.

"Proses logika bisnis untuk mencari keuntung sebesar-besarnya tidak ada bila memperkerjakan TKA. Ini berbahaya kalau ternyata ada misi lain," tukasnya. (icl)

tag: #cina  #tenaga-kerja-asing-tka  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...