Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 26 Jan 2015 - 20:39:00 WIB
Bagikan Berita ini :
Dapat Rp 1,3 T dan US$ 15 M

Inilah Alasan Sudirman Perpanjang MoU Freeport

41mesdmsudirman-indra.jpg
MESDM Sudirman Said (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Dicecar para anggota Komisi VII DPR karena memperpanjang nota kesepakatan dengan PT Freeport Indonesia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Sahid menjawab enteng. Alasanya soal dana.

Sudirman mengungkapkan perpanjang selama 6 bulan karena Freeport menyelesaikan pembayaran pembangunan smelter sebesar Rp.1,3 triliul. Selain itu juga menginvestasi dana 15 miliar USD untuk pembangunan tambang bawah tanah hingga 2041.

Mantan Corporate Secretary Pertamina ini juga mengungkapkan yang diperpanjang bukan kontrak namun sebatas nota kesepahaman. "Perpanjangan MoU untuk renegosiasi, bukan perpanjang kontrak," ujar Sudirman di ruang Komisi VII DPR RI, Senin (26/1/2015).

Sudirman mengungkapkan dengan dana sebesar itu, Freeport memastikan atau memiliki keseungguhan menyelesaikan pembangunan smelter. Selain itu pemerintah juga minta Freeport menangani lebih baik asuransi keselamatan kerja karyawannya.

Kemarin seharusnya nota kesepahaman yang memungkinkan Freport ekspor konsentrat berakhir. Namun pemerintah memperpanjangnya selama enam bulan ke depan periode 25 Januari -24 Juli 2015.(ris)

tag: #MESDM  #Komisi VII  #Sudirman Said  #Freeport  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bamsoet Dorong Peran Swasta Dalam Industri Pertahanan dan Keamanan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 12 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung kemajuan peran swasta dalam industri pertahanan dan keamanan nasional untuk menjadi mitra ...
Berita

Anggota Tim Ahli Wantimpres Prof Henry Indraguna: Peringatan Jenderal Luhut Soal Orang Toxic, Karena Cintai NKRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Politisi Partai Golkar asal Jateng Prof Dr Henry Indraguna, SH mengamini pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar ...