Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 04 Jan 2017 - 06:04:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Dinilai Memberatkan Rakyat, DPR Akan Panggil Menkeu Soal STNK

60STNK.jpg
STNK (Sumber foto : Istimewa)

KALIMANTAN BARAT (TEROPONGSENAYAN) - Anggota DPR RI asal Kalimantan Barat, Michael Jeno mengatakan, Komisi XI dalam waktu dekat akan memanggil Menteri Keuangan, Sri Mulyani untuk meminta penjelasan soal kenaikan tarif STNK, BPKB, mutasi, dan TNKB.

"Soal kenaikan tarif kami belum mendapat kabar. Nanti Menkeu akan kami panggil untuk dimintai keterangan," ujarnya di Pontianak, Selasa (3/1/2017).

Jeno mengatakan, kenaikan tarif dari sumber Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang akan diberlakukan beberapa hari mendatangm, akan memberatkan masyarakat kecil.

"Banyak masyarakat yang membeli kendaraan secara kredit lantaran tak memiliki daya beli untuk tunai. Dengan situasi begitu bagi sebagian orang akan memberatkan. Apalagi kenaikannya sampai 2-3 kali lipat. Kenapa terlalu progresif," kata dia.

Jeno menilai, sebenarnya banyak sumber pendapatan negara yang bisa dioptimalkan. Paling memungkinkan, kata dia, adalah dari perusahaan-perusahaan pengelola sumber daya alam.

"Kami sebenarnya sudah mengusulkan untuk mengoptimalkan pendapatan pajak dan nonpajak dari perusahaan SDA yang besar, seperti Freeport, Newmont, Exxon, dan lain-lain," kata dia.

Soal PNBP, Komisi XI sebenarnya tengah menyusun daftar rancangan Undang-Undang (RUU)nya, yang masuk program legislasi nasional (prolegnas) di tahun 2017.

"Dalam RUU tersebut dibahas soal penentuan tarif STNK, BPKB dan lain-lainnya, termasuk pendapatan dari perusahaan pengelola SDA. Sebenarnya sudah akan dibahas tahun lalu. Hanya saja Komisi XI sangat fokus pada RUU Pengampunan Pajak. Sehingga RUU PNBP ditunda tahun ini," kata dia. (Antara/icl)

tag: #kementerian-keuangan  #komisi-xi  #stnk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...