Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Selasa, 10 Jan 2017 - 16:40:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Dilarang Merekam Sidang Keempat Ahok, KY Surati PN Jakut

98aidul.jpg
Aidul Fitriciada Azhari (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Komisi Yudisial (KY) melayangkan surat ke Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut), soal insiden anggota KY yang dilarang melakukan perekaman pada sidang keempat penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), pekan lalu.

"Kemarin (waktu sidang sebelumnya) tidak boleh (merekam). Kami sedang mengkonfirmasi kenapa ini terjadi?," kata Ketua Komisi Yudisial Aidul Fitriciada Azhari di sela-sela sidang terdakwa Ahok di Gedung Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2017).

Apalagi, kata Aidul, pelarangan perekaman cuma terjadi di sidang keempat. Sementara, dia belum mengecek kondisi tersebut di persidangan hari ini.

Sejauh ini, kata Aidul, surat tersebut belum dapat jawaban dari PN Jakut. "Kami sampaikan, tapi belum ada respon. Kami mempertanyakan, kenapa misalnya," tambah Aidul.

Secara menyeluruh, Aidul juga memastikan mekanisme jalannya sidang Ahok masih di koridor yang benar.
Terkait pengamanan dan pembatasan peliputan, kata dia, di luar wewenang Komisi Yudisial.

"Berjalan relatif baik saya kira. Dalam artian ini kan baru lima kali ya. Semuanya berjalan dengan cukup baik. Saya lihat hakim juga imparsial. Publik bisa melihat," ucap Aidul.

Hari ini sidang kelima Ahok kembali berlangsung. Agenda sidang mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU).

Ada lima saksi yang direncanakan memberikan keterangan. Mereka merupakan para pelapor, yakni Ibnu Baskoro, Pedri Kasman, Willyuddin Abdul Rasyid Dhani, Hajah Irene Handono dan Muhammad Burhanuddin.

Namun, dari lima saksi itu, hanya tiga yang dipastikan hadir. Ketiganya yakni Pedri Kasman, Willyuddin Abdul Rasyid Dhani, dan Muhammad Burhanudin. Sementara, Irene Handono dan Ibnu Baskoro belum mengonfirmasi bisa kehadirannya di persidangan.‎(yn)

tag: #ahok  #komisi-yudisial  #pn-jakut  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Surya Paloh Sambangi Prabowo Subianto di Kertanegara

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Keduanya melakukan pertemuan di kediaman ...
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...