Berita
Oleh Bara Ilyasa pada hari Senin, 06 Feb 2017 - 21:22:30 WIB
Bagikan Berita ini :

Panglima TNI Keluhkan Kewenangannya Dipangkas Kemenhan

2gatot_nurmantyo.jpg
Panglima TNI Gatot Nurmantyo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo menyampaikan keluhannya soal adanya Peraturan Menteri Pertahanan (Permenhan) nomor 28 tahun 2015.

Dalam peraturan tersebut, kewenangan Panglima TNI dipangkas. Saat ini Panglima TNI tidak bisa membuat dokumen rencana anggaran jangka pendek, menengah dna panjang, baik di Angkatan Darat, Angkatan Laut, maupun Angkatan Udara.

"Begitu muncil Permenhan nomor 28 tahun 2015 kewenangan saya tidak ada," kata Gatot dalam rapat bersama dengan Menteri Pertahanan Ryamzard Ryacudu dan Komisi I DPR RI, Jakarta, Senin (6/2/2017).

Gatot melanjutkan, akibat peraturan tersebut, maka dirinya tidak bertanggung jawab atas penggunaan anggaran dan tujuan seluruh angkatan. Tetapi, tanggung jawab tersebut diserahkan kepada Kementerian Pertahanan.

"Kalau ini terjadi terus maka kewenangan di bawah Panglima TNI tidak ada. Ini yang terjadi, saya tidak mengatur anggaran TNI AD, AU dan AL. Anggaran pun bertanggung jawab langsung ke Kementerian Pertahanan tidak lewat Panglima TNI dan ini merupakan pelanggaran hirarki karena kami tidak melalui angkatan. Kami jelaskan hanya menjelaskan belanja barang markas besar TNI dengan jajaran operasional saja," tandasnya.

Gatot menegaskan, melontarkan hal tersebut agar pengganti dirinya nanti mengetahui kondisi tersebut. Ia juga mengakui seharusnya keluhan tersebut disampaikan pada tahun 2015-2016.

"Saya buka ini, seharusnya saya buka pada tahun 2015-2016. Saya buka ini untuk mpersiapkan adik-adik saya. Karena saya mungkin besok bisa diganti, paling lambat bulan Maret 2018 saya harus diganti," ungkapnya.(yn)

tag: #kementerian-pertahanan  #panglima-tni-gatot-nurmantyo  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...