Oleh Yoga pada hari Sabtu, 10 Apr 2021 - 07:30:14 WIB
Bagikan Berita ini :

TB Hasanuddin: Pembentukan Datasemen Kawal Khusus Menhan dan Tamu VVIP Belum Perlu

tscom_news_photo_1618014495.JPG
TB Hasanuddin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto membentuk Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus). Mereka bertugas untuk mengawal Menhan dan tamu VVIP Kementerian Pertahanan (Kemhan) dari negara lain.

Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin mengatakan, Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan mempunyai hak seperti kementerian lainnya,Kemenhan itu sama dengan untuk melakukan upaya pengamanan internnya namun tidak berlebihan.

"Kemhan sama seperti kementrian lainnya, itu statusnya kementrian sipil. Untuk pengamanan intern setiap kementrian boleh melakukan upaya masing-masing, seperti di Setneg disebut Pamdal (Pengamanan Dalam) atau ditempat lain dengan nama lain," tandas TB Hasanuddin pada wartawan, Sabtu (10/4/2021).

Menurutnya, pembentukan satuan khusus yang dilakukan di Kemenhan, tidak sesuai dengan ketentuan yang adadan terkesan berlebihan.

"Seharusnya kalau ada kebutuhan khusus untuk masalah intern sebaiknya kordinasi saja dengan TNI/Polri. Lalu Untuk urusan keprotokolan, kalau ada tamu asing setingkat Presiden sudah diatur oleh Paspampres baik pengawalannya maupun jajar kehormatannya," ungkapnya.

TB Hasanuddin juga mengatakan, bahwa seharusnya Kemhan tidak berlebihan untuk membentuk satuan Kusus tersebut apalagi menggunakan orang dari luar negeri, karena tamu asing Menteri seharusnya sudah diatur pengawalan oleh Polri.

"Tamu asing setingkat menteri yang datang ke Indonesia pengawalannya benjadi tanggung jawab PAM VVIP Polri, bila tamu tersebut datang ke Menhan dan perlu jajar kehormatan sudah disediakan Ki Prot (Kompi protokol di Mabes TNI). Kepala biru Umum Kemenhan tinggal koordinasi saja dengan Danden Mabes TNI. Jadi tak perlu membuat satuan khusus seperti itu dari pada idle," katanya.

Diketahui, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto membentuk Detasemen Kawal Khusus Kementerian Pertahanan (Denwalsus Kemenhan). Denwalsus ini merupakan pasukan khusus untuk mengawal Menhan hingga tamu VVIP Kemenhan.

Hal tersebut diungkap oleh ajudan Menhan Prabowo, Rizky Irmansyah dalam akun Instagram pribadinya @rizky_irmansyah, Jumat (9/4/2021). Rizky mem-posting sebuah video prajurit berbaret sedang berbaris, dalam deskripsi posting-annya, Rizky menyampaikan prajurit tersebut merupakan Denwalsus Kemenhan.

"Mereka adalah Detasemen Kawal Khusus (Denwalsus) Kementerian Pertahanan yang dibentuk oleh Menteri Pertahanan Pak Prabowo Subianto. Mereka dilatih, ditempa, dididik di Batu Jajar Pusdiklat Kopassus di Jawa Barat," kata Rizky.

tag: #tb-hasanuddin  #dpr  #kementerian-pertahanan  #prabowo-subianto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...