Berita
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Rabu, 22 Feb 2017 - 06:27:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Muhammadiyah: Ahok Menuduh Ulama Bohongi Umat Pakai Al Maidah 51

76muhammadiyah.jpg
Muhammadiyah (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ahli agama dari PP Muhammadiyah, Yunahar Ilyas tidak terima atas pidato kontroversial Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terkait Surat Al-Maidah Ayat 51 di Kepulauan Seribu beberapa waktu lalu.

Pasalnya, saat itu, Ahok yang mengatakan 'jangan percaya sama orang. Kan bisa saja dalam hati kecil bapak ibu enggak bisa pilih saya. Karena dibohongi pakai Surat Al-Maidah 51 macam-macam gitu lho'.

Menurut Yunahar, pernyataan Ahok tersebut sama saja dengan Ahok menuding ulama dan tokoh agama Islam selama ini kerap membohongi pengikutnya dengan ayat suci Al-Quran.

"Dalam khazanah intelektual Islam berbeda pendapat itu biasa. Menyatakan pendapat orang salah juga itu biasa, mengatakan sesat juga biasa, tapi jangan mengatakan orang lain bohong," kata Yunahar dalam sidang ke-11, di Auditorium Kementan, Jakarta Selatan, Selasa (21/2/2017).

Dia menjelaskan, dalam Islam berbohong adalah dosa besar yang menyebabkan seluruh riwayat ditolak. Karenanya, ucapan Ahok yang disebut menyatakan kalau Al-Maidah Ayat 51 dijadikan alat untuk membohongi orang lain, adalah hal fatal.

"Sehingga, kalau orang dikatakan bohong, maka dia tak akan dipercaya lagi. Apapun Al-Quran tak bisa dikatakan sebagai alat untuk berbohong," ujarnya.

Kemudian, lanjut Yunahar, walau Ahok tak menyebut siapa yang menggunakan Al-Maidah untuk membohongi masyarakat, tapi dalam konteks tersebut yang punya otoritas mewarisi nabi menyampaikan risalah Islam adalah ulama dan ahli agama. "Jadi, ucapan (Ahok) itu telah menistakan ulama juga," ujarnya.

Untuk diketahui, saat ini Ahok berstatus sebagai terdakwa dalam perkara dugaan penistaan agama. Pernyataannya terkait Surat Al-Maidah Ayat 51 membawanya ke meja hijau.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) mendakwa Ahok dengan Pasal 156 a KUHP tentang penistaan agama dengan ancaman penjara paling lama lima tahun.‎ (icl)

tag: #ahok  #muhammadiyah  #penistaan-agama  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement