Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Sabtu, 01 Apr 2017 - 13:04:52 WIB
Bagikan Berita ini :

PDIP Anggap Pidato Jokowi Soal Agama dan Politik Wajar

20EVA.jpg
Eva Kusuma Sundari (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Politisi PDIP Eva Kusuma Sundari mengatakan, pidato Jokowi yang menyingung soal agama jangan dicampuradukkan dengan politik adalah pidato yang lumrah saja dan tak ada yang salah.

"Indonesia itu berdasar ketuhanan bukan agama, artinya nilai-nilai universal agama (substansi) yang dipakai dasar negara bukan agama formal tertentu. Wong agamanya banyak, yang mana? Pancasila itu sudah mewadahi nilai-nilai agama- agama," ujar anggota Komisi XI DPR RI itu di Jakarta, Sabtu (01/04/2017).

"Dan perlu diingat kita negara kebangsaan, tidak mengenal mayoritas dan minoritas. mayoritas maupun minoritas tidak boleh jadi tirani," sambung dia.

Menurutnya, pemaknaan hubungan agama dan negara sebenarnya sudah dijelaskan di pidato 1 juni oleh Presiden pertama Republik Indonesia Soekarno.

Dijelaskannya, Soekarno menyebutkan bahwa dalam beragama harus berbudaya yaitu ada kemanusiaan (kesetaraan), tidak egois dengan tidak menyesatkan atau menganggap remeh agama yang lain.

"Jadi politik tidak terpisah dari agama, tapi nilai-nilai universal agama dalam berpolitik misalnya makar tapi menghormati hukum dan konsensus bersama, tidak memecah belah karena ada egois kelompok," tandas dia.

Sudah sangat jelas, kata dia, dasar berpolitik Indonesia adalah konstitusi (sistem hukum) bukan berdasar agama (tertentu).

"Jadi Jokowi benar, mengingatkan kita untuk tidak politisasi agama dalam pertarugan mencari kemenangan. Sebab, resikonya kekerasan dan memecah belah karena identitas politik kita adalah negara kebangsaan bukan basis sekretarian seperti tahun 1928," pungkas dia. (icl)

tag: #pdip  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...
Berita

DPR Sahkan RUU Daerah Khusus Jakarta Jadi UU

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --DPR RI resmi mengesahkan Rancangan Undang-Undang Daerah Khusus Jakarta (RUU DKJ) menjadi Undang-Undang (UU). Pengesahan dilakukan pada Rapat Paripurna DPR RI ke-14, di ...