Bisnis
Oleh M Anwar pada hari Kamis, 06 Apr 2017 - 11:33:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Nilai Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Membengkak Jadi Rp 78 Triliun

47rini-soemarno.jpg
Rini Soemarno (Sumber foto : Dok/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, nilai proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan membengkak menjadi USD 5,9 miliar atau sekitar Rp 78 triliun. Awalnya nilai proyek itu sebesar USD 5,5 miliar atau Rp 70 triliun.

"Jadi ada kenaikan sedikit dalam hal nilai proyeknya, karena ada perubahan trase. Kenaikannya menjadi USD 5,9 miliar," kata Menteri Rini kepada awak media, Kamis (7/4/2017).

Rini menjelaskan, perubahan trase yang diungkapkan tersebut sesuai dengan hasil kajian PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).‎ Hal ini sudah disepakati antara Indonesia dengan China.

Ada beberapa titik yang sebelumnya bisa dibangun di atas permukaan tanah, namun diganti dengan melalui tunnel. Selain itu juga ada beberapa wilayah yang sebelumnya tidak dibangun eleveted akhirnya diputuskan bangun secara eleveted.

Apa yang disepakati tersebut, Rini menuturkan juga sudah disampaikan ke China Development Bank (CDB), dan hal itu tidak dipermasalahkan. Hanya saja CDB akan sedikit menaikkan plafon pinjamannya.

"Mereka tidak masalah, hanya sedikit naikkan plafonnya, dan itu juga kami sudah melalui kajian dari financial consultant, return investmentnya nanti bagaimana, dan itu masih masuk," tegas Rini.

Mengenai kelanjutan pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, Rini menargetkan akhir April ini bisa dilakukan. Belum cairnya pinjaman dari CDB tidak menjadi masalah bagi kontraktor mengingat perusahaan pembentuk KCIC siap menyuntik modal untuk sementara.

Sebelumnya, pemerintah menerbitkan Perpres 107 Tahun 2017 mengenai Sarana dan Prasarana Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Kepemilikan saham Indonesia tergabung dalam konsorsium empat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Wijaya Karya Tbk, PTPN VIII (Persero) dan PT Jasa Marga Tbk. Ada pun Perpres itu menugaskan konsorsium BUMN untuk merealisasikan proyek PT KCIC.(yn)

tag: #rini-soemarno  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement