Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 12 Apr 2017 - 08:14:09 WIB
Bagikan Berita ini :

"Miris, Jika Debat Pilkada Jakarta Hanya Jadi Hiburan"

6debataniesahok.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Debat calon gubernur/wakil gubernur dalam rangkaian pelaksanaan Pilkada DKI Jakarta putaran kedua akan diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (12/4/2017) malam.

Pengamat politik dan Direktur Pusat Studi Politik dan Sosial (Puspol) Indonesia Ubedilah Badrun berharap acara debat bertema "Dari Masyarakat untuk Jakarta" yang akan disiarkan oleh 11 televisi swasta dan TVRI itu tidak hanya bisa menjadi hiburan.

Lewat surel pada Selasa (11/4/2017) malam, pengamat politik dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ) itu mengatakan, akan lebih baik bila dalam debat kali ini para panelis dan moderator bisa menggali visi dan misi para calon secara lebih mendalam.

"Miris jika kemudian debat putaran dua hanya menjadi forum hiburan. Saya kira kita semua yang masih memiliki harapan bagi kemajuan Jakarta tidak ingin debat putaran kedua ini terjadi seperti itu," katanya.

Ia melanjutkan, spirit debat putaran kedua adalah pendalaman visi misi dan program. Oleh karenanya perdebatan harus menohok ke persoalan pokok Jakarta dan harus dijawab apakah program detil cagub-cawagub bisa mengatasi persoalan pokok Jakarta.

Ubedilah berharap, para panelis dan moderator bisa mengungkap jawaban para calon atas masalah-masalah substantif di DKI Jakarta.

"Misalnya tentang seberapa detil program cagub-cawagub secara sistemik mampu mengatasi kesenjangan sosial ekonomi DKI Jakarta," kata Ubedilah.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengubah format debat putaran kedua dengan melibatkan elemen masyarakat untuk hadir dan memberikan pertanyaan langsung kepada pasangan calon.

"Polanya memang akan sedikit menghibur masyarakat karena ada riuh unsur masyarakat yang diwadahi aspirasinya dan tentu akan ada riuh pendukung," kata Ubedilah. (plt/ant)

tag: #ahokdjarot  #aniessandi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement