Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 17 Mei 2017 - 11:41:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat: Ketua KPK Bisa Tersandera Kasus e-KTP, Kok Bisa?

36kpk.jpg
Agus Rahardjo (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) banyak tersandera kepentingan politik.

Demikian disampaikan Pangi saat menanggapi disebut-sebutnya nama ketua KPK Agus Rahardjo dalam kasus e-KTP sebagaimana pernah diungkapkan oleh Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

"Agus pun akan disandera kan, karena kalau rekomendasi dia, dia yang awasi juga (di LKPP) kok bisa begitu (temuan korupsi oleh KPK)," kata Pangi saat dihubungi di Jakarta, Rabu (17/05/2017).

Seharusnya, sambung dia, tidak ada temuan korupsi dalam proyek e-KTP, karena proyek pemerintah tersebut juga diawasi oleh KPK.

"Begitu pengurus (pimpinan KPK) berganti, kok ceritanya sudah beda. Semua orang sudah paham gimana tindakan koruptif yang sebetulnya melibatkan banyak orang, cuma tidak sampai disitu, ada kondisi yang menginginkan menambah bargaining politik sandera-menyandera. Ada kepentingan lain yang menempel diproses e-KTP ini," sindirnya.

Menurutnya, kasus korupsi e-KTP lebih kecil ketimbang kasus korupsi BLBI. Tapi yang jadi pertanyaan, kata dia, kenapa justru kasus e-KTP yang lebih ramai dibicarakan.

"Yang saya tahu bahwa e-KTP ini kan tidak sebesar BLBI. BLBI lebih mengerikan. Cuma follow up, booming di media adalah e-KTP, e-KTP betul-betul masif, sangat santer kedengarannya, luar biasa, dan menyandera banyak politisi dan pejabat tinggi negara lainnya," ujar dia.

tag: #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement