Berita
Oleh Sahlan pada hari Rabu, 17 Mei 2017 - 14:55:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Ketua DPR Terima Kunjungan Presiden Lithuania

94novanto-presiden-lithuania.jpg
Setya Novanto (kanan) tampak berbincang dengan Presiden Republik Lithuania Dali Grybauskatie di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/5/2017) (Sumber foto : Sahlan/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pimpinan DPR menerima kunjungan Presiden Republik Lithuania Dali Grybauskatie di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Dalam pertemuan itu Novanto didampingi Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan dan Agus Hermanto.

Ketua DPR RI Setya Novanto menyatakan, kunjungan Presiden Lithuania memiliki arti penting bagi penguatan hubungan bilateral kedua negara. Terlebih, ini merupakan kunjungan pertama Presiden Lithuania ke Indonesia.

“Sejak hubungan diplomatik terjalin pada tahun 1993, kami melihat hubungan bilateral Indonesia-Lithuania berjalan dengan baik. Kedua negara memiliki komitmen yang kuat dalam memajukan kerja sama bilateral, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan,” kata Novanto usai melakukan pertemuan.

Meski nilai perdagangan kedua negara belum terlalu besar, jelas politisi Partai Golkar ini, namun pada tahun 2016 tercatat sebesar 38,6 juta US dollar.

“Kami berharap nilai perdagangan kedua negara di tahun-tahun mendatang dapat ditingkatkan,” harapnya.

Ketua Umum Partai Golkar ini menjelaskan, kedua negara, dengan potensi dan kelebihannya masing-masing, harus dapat saling melengkapi untuk memajukan kerja sama bilateral, di antaranya kerja sama di bidang energi terbarukan.

“Untuk itu, kami sangat mengapresiasi keinginan kedua negara untuk meningkatkan kerja sama bilateral sebagaimana yang disepakati dalam pertemuan Presiden Lithuania dengan Presiden Joko Widodo,” tegasnya.

Lebih lanjut, Novanto menjelaskan, kerja sama antarparlemen sudah tentu juga penting dilakukan untuk mendukung penguatan hubungan bilateral kedua negara. Untuk itu pula, kerja sama antara Parlemen Lithuania dan DPR RI, perlu dikembangkan dan ditingkatkan.

Oleh karena itu, untuk lebih saling mengenal di antara masyarakat kedua negara, program people to people contact juga perlu dikembangkan, terutama melalui kerja sama di bidang pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata.

Kemudian, ia menambahkan letak kedua negara yang berjauhan, kiranya tidak menjadi penghambat bagi masyarakat Indonesia dan Lithuania untuk bisa saling mengenal lebih dekat.(yn)

tag: #dpr  #setya-novanto  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement