Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Jumat, 19 Mei 2017 - 13:22:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Tak Ingin KPK Dilemahkan, Alasan Gerindra Kirim Wakil di Pansus

45fary.jpg
Sekretaris Fraksi Gerindra Fary Djemy Francis (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Sekretaris Fraksi Gerindra Fary Djemy Francis mengatakan, pihaknya mendukung Hak Angket KPK karena tidak ingin lembaga anti rasuah itu dilemahkan. Oleh karenanya, Gerindra akan tetap mengirim wakilnya di pansus jika Hak Angket KPK terus dijalankan oleh DPR.

Fraksi Gerindra, kata Fary, akan mengawal KPK agar tidak dilemahkan dalam pembahasan Hak Angket.

"Intinya kita tetap menolak dan kita tetap akan mengawal agar KPK tak dilemahkan. Itu prinsip kami. Soal nanti kami mengirim atau tidak kita akan lihat nanti.Kami tetap mengawal agar KPK tidak dilemahkan," kata Fary di Gedung Nusantara II, Jakarta, Jumat (19/5/2017).

Oleh karenanya, Ketua Komisi V DPR ini mengaku masih menunggu instruksi partainya untuk memastikan mengirimkan wakil ke dalam panitia angket.

"Kita juga nggak mau kirim nama secepatnya, kita lihat situasinya," ujarnya.

Sebelumnya, Fraksi Partai Gerindra memutuskan mengirim wakil di Pansus Hak Angket karena ingin memperkuat KPK. Gerindra takut kendali atau 'remote kontrol' lembaga anti rasuah itu tak lagi ada di tangan komisioner.

Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Muhammad Syafii (Romo Syafii) menyatakan, pengajuan Hak Angket bukanlah upaya untuk menghabisi KPK. Sebaliknya, upaya tersebut sebagai langkah DPR untuk memperkuat independensi KPK.

"Sekarang kan banyak yang menyimpang, penyadapan, OTT, ini ada apa. Kita takut 'remote control' KPK tidak lagi ada di tangan komisionernya. Maka, kita harus masuk memperbaiki, ada apa, dan harus bagaimana, lalu penataannya seperti apa," ujar Syafii di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (18/5/2017). (plt)

tag: #hak-angket-kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement