Berita
Oleh M Anwar pada hari Jumat, 19 Mei 2017 - 21:30:02 WIB
Bagikan Berita ini :

Di Inggris, JK Bilang Pilkada DKI Bukan Diskriminasi Agama 

28Jusuf-Kalla-3.jpg
Jusuf Kalla (Sumber foto : Istimewa)

OXFORD (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai konflik yang terjadi selama tahapan pemilihan kepala daerah (pilkada) Provinsi DKI Jakarta bukan diskriminasi agama, melainkan lebih ke persoalan demokrasi dan kebebasan berpendapat.

"Ini bukan diskriminasi agama, tapi ini lebih ke demokrasi. Masalahnya adalah kita (Indonesia) punya hukum untuk penghinaan suatu agama. Sama dengan di negara lain ada peraturan untuk menghargai sesama," kata Wapres ketika menjawab pertanyaan pelajar pada Kuliah Umum di Oxford, Inggris, Kamis (18/5/2017) malam waktu setempat.

Hal itu ditanyakan terkait maraknya isu yang dianggap sebagai diskriminasi agama tertentu menyusul vonis bersalah bagi Gubernur DKI Jakarta non-aktif Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok atas dakwaan penghinaan agama.

"Seperti hal-nya di Inggris, kalau Anda berbuat kesalahan akan ada proses hukum yang berlaku. Jadi, ini masalah antara demokrasi dan hukum. Putusan hakim menyatakan Ahok bersalah dalam pernyataannya, itulah sebabnya dia dipenjara," kata Wapres.

Perolehan suara Ahok dalam Pilkada DKI Jakarta pun menunjukkan mayoritas pemilih Ahok adalah Muslim. Dari 2,3 juta perolehan suara untuk Ahok, sekitar 400 ribu di antaranya Kristen.

"Artinya, mayoritas pemilihnya itu Muslim jadi tidak masalah, jadi ini demokrasi," katanya.

Kuliah umum Wapres Jusuf Kalla dihadiri oleh pelajar Indonesia dan pelajar asing yang tertarik mendalami ilmu mengenai agama Islam di Pusat Kajian Islam Oxford atau Oxford Centre for Islamic Studies (OSIC).

Sesaat sebelum kuliah umum dimulai, sempat terjadi aksi protes dari satu warga keturunan Indonesia di Inggris bernama Mariella.

Dia melancarkan aksi protesnya menyusul vonis hukum terhadap Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama karena dakwaan penghujatan terhadap agama Islam. Menurutnya, hal itu bertentangan dengan materi kuliah umum soal toleransi yang disampaikan Kalla di Oxford.(yn/ant)

tag: #jusuf-kalla  #pilkada-jakarta-2017  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Harga Minyak Dunia Melambung, Rupiah Anjlok, Ahmad Najib: Pemerintah Harus Siapkan Opsi Mitigasi

Oleh Fath
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Anggota Komisi XI DPR Ahmad Najib Qodratullah mengingatkan pemerintah agar terus mewaspadai gejolak harga minyak dunia dan anjloknya nilai tukar rupiah. Pasalnya, ...
Berita

Surya Paloh Sambangi Prabowo Subianto di Kertanegara

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Keduanya melakukan pertemuan di kediaman ...