Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 24 Mei 2017 - 14:13:36 WIB
Bagikan Berita ini :

Rawan Kepentingan, Fadli Tak Setuju Detasemen Tipikor Polri

39fadlizon2.jpg
Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengaku tidak setuju dengan wacana Detasemen Khusus Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi di Polri. Sebab, hal itu sangat rawan terhadap kepentingan dan intervensi.

Menurut Fadli, penanganan korupsi saat ini sangat rentan dengan intervensi penguasa. Hal itu mengacu penanganan korupsi yang ditangani oleh Kepolisian dan Kejaksaan tidak berjalan dengan baik.

"Jangan sampai terjadi moral hazard (kerugian) dan kepentingan," kata Fadli di Gedung Nusantara III DPR, Jakarta, Rabu (24/5/2017).

Oleh karenanya, ia masih berharap penanganan kasus korupsi masih bisa fokus ditangani oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pasalnya, masyarakat selama ini masih percaya dengan kinerja KPK.

"Kita masih berharap pada KPK dalam upaya berantas korupsi. Apalagi belakangan ini banyak persoalan di kepolisian yang dianggap nggak adil dalam penanganan kasus," tuturnya.

Sebelumnya, rapat kerja Komisi III DPR dan Kepolisian Republik Indonesia menyepakati pembentukan detasemen khusus tindak pidana korupsi.

Kepala Kepolisian RI Jenderal Pol. Tito Karnavian menuturkan pihaknya mampu dan memiliki personel yang cukup untuk pembentukan detasemen khusus (Densus) tersebut.

Dia memperkirakan dengan menempatkan satu orang jendral berbintang dua sebagai pemimpin operasi, maka perang melawan korupsi oleh kepolisian akan lebih efektif.

"Strukturnya kalau bintang 2 (Inspektur Jendral Polisi) di situ maka (akan masif penindakan dan pencegahan korupsi). (Timnya) Akan mencakup 500-1.000 orang," kata Tito di Gedung DPR Jakarta, Selasa (23/5/2017). (plt)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement