Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Selasa, 06 Jun 2017 - 16:11:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Komisi I Setuju Fatwa MUI Soal Medsos, Ini Alasannya

15hanafi-rais.jpg
Hanafi Rais (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Wakil Ketua Komisi I DPR Hanafi Rais menyambut baik langkah Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa soal penggunaan media sosial (medsos). Menurutnya, hal itu sebagai penguatan untuk UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

"Saya pikir Fatwa MUI justru menguatkan norma hukum yang ada di UU ITE. Terus terang ketika kita gunakan medsos kebanyakan dari kita masyarakat memang tidak terlalu sadar dengan konsekuensi menyampaikan konten dalam sosmed," kata Hanafi saat dihubungi di Jakarta, Selasa (6/6/2017).

Politisi PAN ini meminta semua pihak tidak khawatir dengan Fatwa MUI bernomor 24 tahun 2017 tentang Hukum dan Pedoman Bermuamalah melalui media sosial tersebut.

Bagaimana pun, ujar Hanafi, Indonesia yang menganut adat istiadat timur, sudah sepatutnya bisa menjaga norma dan sopan santun di sosial media.

"Kita pernah waktu rapat kerja dengan Menkominfo tentang serangan siber, salah satu yang diusulkan Fraksi PAN adalah kita dorong terbentuknya peraturan pemerintah (PP) pengelolaan konten. Sehingga momentumnya ada fatwa MUI itu tahun ini, bisa dirumuskan PP-nya seperti apa," jelasnya.(yn)

tag: #komisi-i  #mui  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...