Berita
Oleh Alfian Risfil Auton pada hari Sabtu, 10 Jun 2017 - 05:30:18 WIB
Bagikan Berita ini :

Menkominfo Akui Pemblokiran Konten Negatif Tidak Efektif

24rudiantara2.jpg
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Komunikasi dan informatika (Menkominfo), Rudiantara mengakui pemblokiran situs yang berkonten negatif selama ini tidak efektif untuk mengatasi permasalahan di media sosial.

Karena itu, permasalahan ini perlu diperkuat oleh Fatwa MUI tentang "Mumalah medasosiah" yang baru dikeluarkan belum lama ini.

Menurut Rudiantara, pemblokiran hanya efektif jika dilakukan terus menerus seperti saat menyembuhkan orang sakit.

"Pemerintah melakukan pemblokiran saja itu tidak efektif. Itu efektif hanya kalau dihilir kayak menyembuhkan orang sakit," ujarnya dalam diskusi di Ruang Seminar Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2017).

Menurut dia, pemerintah dan ulama ibarat dua sisi mata uang. Kata dia, jka pemerintah melakukan pembatasan akses atau pemblokiran, maka MUI melakukan literasi agar umat Islam mampu menyerap informasi secara benar. "Pemblokiran dari sisi umarohnya. sedangkan fatwa dari sisi ulama," ucapnya.

Rudintara mengatakan, pemerintah mengapresiasi dikeluarkannya fatwa MUI tersebut sebagai pelengkap untuk mengatasi permasalahan di media sosial.

Namun, Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam Sholeh tidak setuju jika fatwa MUI tersebut disebut hanya sebagai pelengkap. Pasalnya, kata dia, semua pihak juga bertanggung jawab atas berbagai macam permasalahan di media sosial saat ini, terutama ulama dan lembaga ulama.

"Ini untuk kepentingan membantu pemerintah, tidak. Tapi ini sebagai tanggung jawab ulama. Seakan ini hanya jadi tanggung jawab pemerintah saja, sedangkan permasalahan media sosial merupakan tanggung jawab semua elemen, termasuk ulama dan lembaga keulamaan," kata Asrorun di tempat yang sama. (plt)

tag: #kemenkominfo  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...