Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Rabu, 18 Feb 2015 - 15:07:47 WIB
Bagikan Berita ini :
Berhentikan BW dan AS

Presiden Tunjuk Johan Budi, Ruki dan Seno Adji Jadi Plt Pimpinan KPK

93DSC_0369.JPG
Johan Budi (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk tiga orang, Deputi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi, mantan Ketua KPK Taufiequrachman Ruki, akademisi Universitas Indonesia Indriyanto Seno Adji sebagai pelaksana tugas (Plt) pimpinan KPK.

Hal itu dilakukan Presiden karena dua pimpinan KPK, Bambang Widjojanto (BW) dan Abraham Samad (AS) yang telah ditetapkan sebagai tersangka akan diberhentikan sementara melalui penerbitan Keputusan Presiden (Keppres).

Adapun pengangkatan tiga orang yang menjadi Plt Pimpinan KPK, Presiden akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu).

"Diikuti dengan penerbitan Keppres pengangkatan tiga orang pimpinan sementara KPK yaitu saudara Taufiequrachman Ruki, Indriyanto Seno Adji dan saudara Johan Budi," sebut Presiden di Istana Negara, Rabu (18/2/2015).

Presiden Jokowi juga menginstruksikan agar KPK dan Polri mentaati rambu-rambu hukum dan kode etik serta menjaga kehormanisan antarlembaga negara.

Ketiga pimpinan baru KPK ini untuk menggantikan Abraham Samad, Bambang Widjojanto, dan Busyro Muqoddas. Samad dan Bambang diberhentikan dari jabatannya karena sedang tersandung beberapa kasus hukum. Sedangkan Busyro diganti karena sudah pensiun.(yn)

tag: #KPK  #Johan Budi  #Pimpinan KPK  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement