Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Senin, 12 Jun 2017 - 06:17:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Indikator Sebut Pilgub Jatim akan Berlangsung Ketat

20indikator.jpg
Survei Pilkada Jatim (Sumber foto : Istimewa)

SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia menyampaikan tiga kandidat masing-masing Saifullah Yusuf, Tri Rismaharini dan Khofifah Indar Parawansa diprediksi bersaing ketat jika semuanya mengikuti Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur 2018.

"Jika ketiga calon tersebut maju, Pilkada Jatim kemungkinan berlangsung sangat ketat," ujar Peneliti Indikator, Hendro Prasetyo, kepada wartawan di sela diskusi dan rilis hasil survei di Surabaya, Minggu (11/6/2017).

Berdasarkan hasil survei yang dilakukannya, dalam simulasi terbuka dengan 24 daftar nama calon, Saifullah Yusuf unggul dengan 23,6 persen, kemudian Tri Rismaharini 19,2 persen, Khofifah Indar Parawansa 15,7 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 3,4 persen dan Abdullah Azwar Anas 3,2 persen.

"Artinya, selisih Saifullah Yusuf dengan calon pesaingnya tidak terlalu lebar, yaitu dengan Tri Rismaharini di semua simulasi antara 3,4-8,5 persen, sedangkan dengan Khofifah yang selalu di posisi tiga antara 7,3-12,7 persen. Tapi secara umum masih di bawah 15 persen," ucapnya.

Tak itu saja, di antara tiga calon tertinggi popularitasnya, Saifullah Yusuf paling disuka oleh yang tahu namanya sebesar 89 persen, namun tidak jauh berbeda dengan Tri Rismaharini 88 persen, selanjutnya Khofifah Indar Parawansa 84 persen.

Temuan survei tersebut dilakukan pada 3-7 Mei 2017 yang menggunakan metodologi jumlah sampel 819 orang berusia 17 tahun atau lebih dengan "multistage random sampling" yang tingkat toleransi kesalahannya 3,5 persen.

Sementara itu, berdasarkan survei yang dilakukannya, sampai saat ini sekitar 43 persen warga Jatim sudah tahu akan ada Pemilihan Gubernur 2018, sedangkan 57 persen sisanya belum mengetahui.

Selain itu, lanjut dia, sebagian besar pemilih otonom dalam menentukan pilihan, sedangkan pihak lain yang besar pengaruhnya adalah anggota keluarga, warga dan tokoh masyarakat sekitar tempat tinggal.

"Pada survei ini juga dihasilkan bahwa pemimpin yang diinginkan oleh warga Jatim adalah jujur atau bersih dari korupsi dan perhatian pada rakyat," katanya. (Ant/icl)

tag: #pilkada-jatim-2018  #survei-indikator  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Buka Puasa Bersama Komunitas Morgan Sports Club, Ketua MPR RI Bamsoet Ajak Tingkatkan Solidaritas Kebangsaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 28 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Dewan Pembina komunitas otomotif mobil klasik asal Inggris Morgan Sports Car Club Indonesia (MSCCI) dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia ...
Berita

Aksi Damai GPKR di Gedung Mahkamah Konstitusi untuk Menegakkan Kedaulatan Rakyat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dengan semangat perjuangan tanpa titik kembali, hari ini Kamis 28 Maret 2024, Gerakan Penegak Kedaulatan Rakyat (GPKR) akan kembali menggelar aksi damai bertempat di ...