Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 15 Jun 2017 - 21:48:58 WIB
Bagikan Berita ini :

Lah, Dirjen Ketenagalistrikan Gerah Soal Isu Kenaikan Tarif Listrik

26lis.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Hari ini Kamis (15/06) Komisi VII DPR RI melakukan rapat dengar pendapat dengan Irjen dan Dirjen Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM).

Dalam rapat tersebut, Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Andy Noorsaman Sommeng mengaku gerah dengan adanya isu kenaikan tarif listrik ditengah masyarakat.

Ditegaskannya, pencabutan subsidi pada 19 juta pelanggan golongan 900 VA ini secara bertahap telah dilakukan sejak Januari, dan tahapannya sudah berakhir pada pencabutan periode bulan Mei.

Hanya saja memang pada Juli nanti, sebanyak 19 juta pelanggan tersebut diberlakukan tarif adjusment.

"Kok ‘digoreng’ sangat tentang kenaikan tarif listrik ini," ketusnya di Kompleks Parlemen Jakarta, Kamis (15/06/2017).

Dijelaskannya, untuk kepastian tarif 19 juta pelanggan 900 VA pada bulan Juli mendatang dirinya belum mengetahui, sebab pelanggan tersebut akan mengikuti tarif adjusment dan belum ada ketetapan dari PLN.

“Kita sekarang belum adjusment. Nanti Juli mulai adjustment dan itu dikaji oleh PLN dengan melihat banyak variabele-nya: ada masalah ICP, inflasi dan nilai Kurs,” ungkapnya.

Perlu dipahami bahwa pada pencabutan periode terakhir, pelanggan 19 juta tersebut masih dikenakan tarif dibawah keekonomian yakni Rp 1.352 per kilo Watt hour (kWh).

Sementara tarif keekonomiannya atau tarif adjusment saat ini untuk pengguna 900 VA masuk dalam kategori pelanggan Tegangan Rendah (TR) dengan bayaran Rp 1.467,28 kWh. (icl)

tag: #komisi-vii  #menteri-esdm  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...