Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 20 Feb 2015 - 15:14:23 WIB
Bagikan Berita ini :

Rieke Minta Sanksi Pidana Pelaku Kasus Salah Obat

65rieke dyah pitaloka 2 (mulkan).jpg
Rieke Diah Pitaloka, Anggota Komisi IX dari FPDIP (Sumber foto : Mulkan Salmun/Teropong Senayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Anggota Fraksi Partai PDIP Rieke Diah Pitaloka minta pemeritah tegas memberikan sangsi pelaku kasus salah obat yang merenggut nyawa pasien. Karena tindakan itu tergolong melanggar UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999.

"Jika memang terdapat kesalahan, maka harus ada sanksi hukum pidana yang diberikan," ujar Rieke Diah Pitaloka kepada TeropongSenayan, Jum,at (20/2/2015). Dia mengingatkan ancamannya kurungan 5 tahun dan pidana denda maksimal Rp 2 miliar.

Rieke juga mendesak langkah progresif pemerintah menimbulkan efek jera bagi produsen obat dan juga RS agar tidak sembarangan memberi vaksin atau obat. Sebab konsumen harus dilindungi dari kesalahan saat mendapatkan layanan kesehatan maupun mengonsumsi obat.

Anggota Komisi IX ini menyambut baik langkah penarikan obat yang dilakukan atas perintah pemerintah. Ini ditujukan agar obat tersebut tidak lagi dikonsumsi atau digunakan bagi pengobatan pasien. Selain itu juga agar tidak terjadi lagi pasien yang menjadi kasus serupa.

"Penarikan obat itu langkah bagus dan saya apresiasi tetapi saya ingatkan bahwa dengan penarikan obat bukan berarti menganulir persoalan yang telah terjadi semacam tindakan yang menyebabkan ilangnya nyawa seseorang," kata Rieke Diah Pitaloka dengan mimik yang serius.(ris)

tag: #Rieke  #Komisi IX  #RSSiloam  #Kalbe Farma  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Selain Harapannya Tipis, Politikus PDIP Ini Sebut Anies dan Ahok Cocoknya Berduel Bukan Duet

Oleh Fath
pada hari Minggu, 12 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Politikus PDIP Darmadi Durianto mengaku pesimis partainya bakal mengusung Anies Baswedan sebagai cagub DKI Jakarta. Apalagi menduetkannya dengan Ahok. "Pasnya duel ...
Berita

Bamsoet Dorong Peran Swasta Dalam Industri Pertahanan dan Keamanan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung kemajuan peran swasta dalam industri pertahanan dan keamanan nasional untuk menjadi mitra ...