Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Rabu, 05 Jul 2017 - 13:39:55 WIB
Bagikan Berita ini :

Polisi Belum Meminta, Imigrasi Ogah Cabut Paspor Habib Rizieq

81ronny-f-sompie.jpg
Ronny F Sompie (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pihak Direktorat Jenderal Imigrasi Kemenkumham enggan mencabut paspor Habib Rizieq Shihab jika belum ada permintaan dari polisi.

"Belum ada permintaan (pencabutan paspor Habib Rizieq)," ujar Dirjen Imigrasi Ronny F Sompie di kantor Kemenkumham, Jakarta Selatan, Rabu (5/7/2017).

Menurut Ronny, imigrasi tidak mempunyai kewenangan melakukan penindakan.

"Pencabutan paspor tidak bisa dilakukan kalau bukan atas inisiatif dari polisi," terangnya.

Mantan Kepala Divisi Humas Mabes Polri itu menuturkan, paspor yang dimiliki Rizieq masih berlaku hingga 2021. Disinggung mengenai kemungkinan deportasi, Ronny mengatakan hal tersebut adalah kewenangan negara yang disinggahi Rizieq.

"Masa habisnya itu masih baru. Masih sampai 2021. Jadi masalah paspor nggak bisa. Kalau mau dideportasi nggak usah paspor, kalau visanya habis ya dideportasi. Itu tergantung kepentingan karena kewenangan mutlak dari setiap negara," tuturnya.

Sebelumnya, polisi menetapkan status tersangka terhadap Rizieq terkait dengan kasus dugaan pornografi dalam situs baladacintarizieq. Polisi juga telah memasukkan Rizieq ke daftar pencarian orang untuk kasus tersebut.

Terkait dengan keberadaan Rizieq yang masih di Arab Saudi, Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan mengatakan akan memberi hormat apabila Rizieq pulang ke Indonesia.

"Tetap hukum harus ditegakkan dan harus dihadapi, itu saja. Itu paling elegan dan saya akan angkat topi kalau beliau (Rizieq) datang," kata Irjen Iriawan kepada wartawan di Monas, Jakarta Pusat, Senin (19/6/2017).(yn)

tag: #habib-rizieq  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement