Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 12 Jul 2017 - 06:28:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Romli Minta Aliran Dana KPK ke ICW Diusut Teliti

76icw.jpg
Indonesia Corruption Watch (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pakar Hukum Pidana Romli Atmasasmita mengatakan bahwa, menurut data Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2015 lalu, Indonesia Corruption Watch (ICW) mendapat aliran dana dari Korupsi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurutnya, dana tersebut Rp 96 miliar. Hanya saja, angka tersebut termasuk dari 54 donatur asing, lembaga-lembaga dibawah PBB, dan dana tidak terikat dari dalam negeri.

Maka itu, Romli meminta Pansus Angket KPK menelusuri sejumlah dana puluhan miliar yang mengalir ke ICW, apakah sudah sesuai undang-undang hibah dan peraturan pengadaan barang dan jasa atau belum.

"Aturan-aturan pihak asing ini lah yang perlu koreksi, dan teliti kembali sejauh mana semua bantuan itu melalui undang-undang hibah. Dan peraturan pengadaan barang dan jasa," kata Romli dalam sidang Pansus Angket KPK di Gedung KK I Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Romli pun mengharapkan Pansus Angket KPK bisa membuka semua kebobrokan yang ada di tubuh KPK. Jangan sampai, lembaga anti rasuah dengan slogan berani jujur itu hebat, justru mengajarkan tindakan yang tidak baik.

"Saya tau Angket ini penyelidikan paling tidak hasilnya memiliki kekuatan hukum tetap untuk dilanjutkan ke penyidikan. Dan saya mohon semua diselesaikan secara aturan, dan KPK harus dikoreksi. Dan saya yakin masa depan KPK harus lebih baik dari yang lalu-lalu," tegasnya. (icl)

tag: #icw  #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ridwan Tidak Buru-buru Buka Sekolah dan Pesantren, Mungkin Januari 2020

Oleh Rihad
pada hari Selasa, 02 Jun 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak buru-buru membuka sekolah dan pesantren di 15 wilayah zona biru. Berdasarkan wacana yang mengemuka, sekolah baru akan dibuka pada ...
Berita

Tak Edarkan Narkoba, Dwi Sasono Minta Rehabilitasi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Tidak ada indikasi aktor Dwi Sasono alias DS terlibat dalam jaringan pengedar narkoba. Demikian hasil penyidikan  Satuan Reserse Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan. ...