Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Rabu, 12 Jul 2017 - 06:28:59 WIB
Bagikan Berita ini :

Romli Minta Aliran Dana KPK ke ICW Diusut Teliti

76icw.jpg
Indonesia Corruption Watch (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pakar Hukum Pidana Romli Atmasasmita mengatakan bahwa, menurut data Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) tahun 2015 lalu, Indonesia Corruption Watch (ICW) mendapat aliran dana dari Korupsi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurutnya, dana tersebut Rp 96 miliar. Hanya saja, angka tersebut termasuk dari 54 donatur asing, lembaga-lembaga dibawah PBB, dan dana tidak terikat dari dalam negeri.

Maka itu, Romli meminta Pansus Angket KPK menelusuri sejumlah dana puluhan miliar yang mengalir ke ICW, apakah sudah sesuai undang-undang hibah dan peraturan pengadaan barang dan jasa atau belum.

"Aturan-aturan pihak asing ini lah yang perlu koreksi, dan teliti kembali sejauh mana semua bantuan itu melalui undang-undang hibah. Dan peraturan pengadaan barang dan jasa," kata Romli dalam sidang Pansus Angket KPK di Gedung KK I Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (11/7/2017).

Romli pun mengharapkan Pansus Angket KPK bisa membuka semua kebobrokan yang ada di tubuh KPK. Jangan sampai, lembaga anti rasuah dengan slogan berani jujur itu hebat, justru mengajarkan tindakan yang tidak baik.

"Saya tau Angket ini penyelidikan paling tidak hasilnya memiliki kekuatan hukum tetap untuk dilanjutkan ke penyidikan. Dan saya mohon semua diselesaikan secara aturan, dan KPK harus dikoreksi. Dan saya yakin masa depan KPK harus lebih baik dari yang lalu-lalu," tegasnya. (icl)

tag: #icw  #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...