Berita
Oleh Ferdiansyah pada hari Kamis, 27 Jul 2017 - 20:39:35 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat: Apa Salah Beli Beras Petani Lebih Tinggi?

65sutrisno.jpg
Pengamat pertanian Sutrisno Iwantono (Sumber foto : ist)


JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Pengamat pertanian Sutrisno Iwantono merasa heran jika ada pengusaha yang membeli beras petani dengan harga yang lebih tinggi dianggap melakukan kejahatan.

"Apa salah mereka?. Justru hal itu yang harus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan dapat memberi insentif bagi petani atau masyarakat agar mau berusahatani," kata Iwantono di Jakarta, Kamis (27/7/2017).

Baru-baru ini gudang PT Indo Beras Unggul (PT IBU) disita oleh Satgas Pangan antara lain karena dianggap membeli beras petani dengan harga lebih tinggi sehingga menghilangkan kesempatan pengusaha lain membeli beras petani. Selain itu, juga diduga menjual beras tersebut dengan harga tinggi.

Iwantono mengatakan pemerintah seharusnya justru mendukung agar beras petani dibeli dengan harga tinggi agar kesejahteraannya meningkat.

Selain itu, katanya, jika produk pertanian, termasuk beras, memperoleh harga yang lebih layak maka akan memberikan insentif kepada masyarakat dan juga pengusaha lainnya untuk mau terjun ke usaha pertanian. Apalagi usaha pertanian termasuk yang mempunyai resiko cukup tinggi.

Sementara mengenai PT IBU yang menjual beras tersebut dengan harga tinggi, Iwantono mengatakan perlu juga dilihat upaya-upaya dan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan terhadap beras tersebut agar menjadi beras yang mempunyai nilai lebih.

Selain itu, katanya, jika masyarakat ternyata puas dengan produk tersebut walaupun harganya mahal maka bukan pula suatu kesalahan. Jika ternyata harga produk yang dijual ternyata tidak sesuai dengan harapan konsumen maka tentu produk tidak akan laku. "Ini mekanisme pasar biasa," katanya.

Sementara untuk menjaga harga beras yang terjangkau masyarakat miskin, katanya, adalah tugas pemerintah melalui Bulog, yang menyediakan beras sejahtera (rastra).

Perusahaan, katanya, akan salah jika membeli beras rastra yang disubsidi tersebut lalu menjualnya dengan harga tinggi. (plt/ant)

tag: #beras-oplosan  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kepengurusan Baru, SOKSI Siap Menangkan Golkar di Pilkada dan Pemilu 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Thursday, 03 Des 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (DEPINAS SOKSI), Ahmadi Noor Supit mengaku yakin bahwa Partai Golkar bakal memenangkan ...
Berita

Wenny Bukamo Ditangkap KPK, PDIP Ogah Berikan Bantuan Hukum

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengatakan, partainya tidak akan memberikan bantuan hukum kepada kadernya yang menjabat sebagai Bupati Banggai Laut, ...