Berita
Oleh M Anwar pada hari Senin, 21 Agu 2017 - 08:53:32 WIB
Bagikan Berita ini :

Malaysia Minta Seluruh Rakyat Indonesia Tidak Perlu Ikutan Protes, Cukup Menpora Saja

74bendera-terbalik-di-buku-panduan-sea-games-2017_20170819_234018.jpg
Kasus bendera terbalik bikin geger (Sumber foto : Dok Istimewa)

KUALA LUMPUR (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Badan Perwakilan KNPI Malaysia, Khairul Hamzah, menilai protes bendera Merah Putih yang terbalik yang dilakukan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Imam Nahrawi, sudah mewakili bangsa Indonesia.

"Saya rasa, protes yang disampaikan oleh Menpora Imam Nahrawi, juga oleh Komite Olimpiade Indonesia, Erick Thohir, sudah cukup mewakili dan menggambarkan betapa 'serius' nya protes kita tersebut," ujar Khairul Hamzah di Kuala Lumpur, seperti dikutip dari Antara, Minggu (20/8/2018).

Dia mengatakan sebagai warga Indonesia dan juga warga netizen (pengguna sosmed) patut memuji langkah bermartabat yang juga dilakukan oleh perwakilan resmi Republik Indonesia tersebut, dalam menyampaikan protes.

"Kesalahan ini memang sangatlah disesalkan. Bendera adalah sesuatu yang sangat sakral, sesuatu yang sangat 'emotional related' bagi seluruh Rakyat Indonesia, yang terkenal dengan jiwa nasionalisme yang sangat kental," katanya.

Dia mengatakan memprotes pihak yang bertanggung jawab dalam merupakan hal yang wajar dan layak dilakukan.

"Tapi, sebagai bangsa yang besar dan bermartabat, selayaknyalah kita menyampaikan protes tersebut secara bijak dan bermartabat pula," katanya.

Dia mengatakan tidak perlu bangsa Indonesia menyampaikan protes tersebut secara berlebihan, tidak perlu juga menuduh dan mengecam Pemerintah Malaysia sengaja melakukan kesalahan tersebut, apalagi bersikap anarkis dan sebagainya.

"Sebagaimana yang sudah kita ketahui, pihak panitia SEA Games sudah meminta maaf terkait insiden tersebut, pemerintah Malaysia juga sudah minta maaf. Bahkan Menteri Belia dan Sukan Malaysia, Khairi Jamaluddin, sudah secara langsung meminta maaf kepada Menpora Imam Nahrawi," katanya.

Dia mengatakan sebagai bangsa yang besar, Indonesia juga harus berjiwa besar untuk memberi maaf apalagi Malaysia adalah saudara serumpun kita, hubungan baik antar kedua negara jauh lebih berharga ketimbang kerikil kecil kesalahan yang tidak disenga.

"Mengumbar kemarahan yang berlebihan apalagi sampai anarkis, tidak akan memberikan manfaat yang baik, itu cuma kepuasan emosional sesaat saja," katanya. (aim)

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...