TSJatim
Oleh Ferdiansyah pada hari Selasa, 22 Agu 2017 - 18:50:38 WIB
Bagikan Berita ini :

Di Pilgub Jatim, PDIP Incar Posisi Wagub

61hasto.jpg
Hasto Kristianto (Sumber foto : Istimewa)

SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) - Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Hasto Kristianto menyampaikan, kader internal disiapkan mendampingi calon Gubernur Jawa Timur asal Nahdlatul Ulama (NU).

"Dalam posisi politik seperti ini, PDIP mengambil peran bagaimana wakil gubernur dari kader internal partai," ujarnya ketika dikonfirmasi wartawan dari Surabaya, Selasa (22/8/2017).

Di posisi calon gubernur, kata dia, sesuai arahan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri, di Jatim melihat bagaimana persahabatan kultural dan historis keluarga NU.

Untuk calon gubernur, kata dia, hampir pasti dari NU ada nama Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Terlebih terjadi proses komunikasi cukup intens antara DPP PDIP dan Rais Am PBNU KH Ma'ruf Amin dengan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj.

Sedangkan, khusus nama calon Wakil Gubernur, saat ini ada beberapa nama yang sudah masuk proses penjaringan dan mengerucut pada beberapa kandidat. Menurut dia, ada tiga kriteria bagi calon internal yang akan dimajukan, antara lain konteks kesejarahan, loyalitas pada partai, serta mampu mempresentasikan wajah PDIP.

"Kriteria lainnya tentu memiliki elektabilitas tinggi sebagai pertimbangan karena ini adalah pemilu rakyat," katanya.

Jika melihat kriteria, lanjut dia, nama Bupati Ngawi Budi "Kanang" Sulistyono patut diapresiasi karena jejak rekam kepemimpinan signifikan serta dari sisi prosentase merupakan penyumbang suara cukup tinggi.

Selama dipimpin Kanang, peningkatan perolehan kursi PDIP di Ngawi mencapai 90 persen dari sebelumnya delapan kursi, pada Pemilu 2009, menjadi 15 kursi pada Pemilu 2014.

Kendati demikian, selain Kanang, juga menguat sejumlah kader kultural maupun struktural lainnya yang menjadi pertimbangan, yaitu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Wali Kota Batu Edy Rumpoko, serta Wakil Ketua DPRD Jatim sekaligus Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi. (Ant/icl)

tag: #pilkada-jatim-2018  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSJatim Lainnya
TSJatim

Warga Surabaya Deklarasikan Duet Jokowi-Mahfud MD

Oleh Ferdiansyah
pada hari Minggu, 29 Jul 2018
SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) --Sekelompok warga menamakan diri sebagai Relawan Jokowi-Mahfud MD (RJM) mendeklarasikan dukungan kepada Mahfud agar menjadi Cawapres pendamping Jokowi ...
TSJatim

Menangi Pilkada Jatim, Khofifah Temui Romi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Calon Gubenur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menyambangi kantor DPP PPP di Jalan Diponegoro Nomor 60, Jakarta Pusat, Senin (9/7/2018). Khofifah tiba ...