Berita
Oleh syamsul bachtiar pada hari Rabu, 23 Agu 2017 - 17:04:50 WIB
Bagikan Berita ini :

Seluruh Lahan Meikarta Sudah Dimiliki Lippo Group

4ilustrasimeikarta.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Direktur PT Lippo Karawaci Tbk Danang Kemayan Jati membantah bahwa Lippo Group belum menuntaskan persoalan pembebasan lahan dalam proyek Meikarta, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Seluruh lahan di mega proyek tersebut sudah menjadi milik Lippo sebagai pengembang.

"Sudah, semua Beres. Supaya fair saya kasih komentar dinas kabupaten (Bekasi)," kata Danang saat dihubungi TeropongSenayan di Jakarta, Rabu (23/8/2017).

Guna memperkuat pernyataannya, Danang menyampaikan kutipan pernyataan pejabat di kabupaten Bekasi tentang pembebasan lahan Meikarta. Kutipan tersebut berasal dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Daryanto.

Menurut Daryanto, seluruh lahan di Meikarta sudah dimiliki pihak Lippo Group. Namun, terpecah-pecah lewat anak usaha lainnya.

"‎Walaupun belum semuanya atas nama Lippo, tapi ada nama beberapa PT. Faktanya Lippo sudah menyampaikan ke kami dia memiliki itu, walaupun HGB-nya belum atas nama Lippo. Mungkin anak perusahaan tapi Lippo juga," kata Daryanto.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Pengendalian dan Pemanfaatan Ruang dan Tanah Budi Situmorang mengatakan, terdapat lahan yang belum dibebaskan oleh Lippo Group dalam Mega Proyek Meikarta, Cikarang, Jawa Barat.

Menuut Budi, masih terdapat tanah milik subjek lain yang semestinya dibebaskan lebih dahulu agar proses pembangunan proyek bisa dilanjutkan. Sesuai data Kementerian Agraria dan Tata Ruang terdapat pemilikan tanah selain Lippo. Pemilikan Lippo hanya sekitar 84,6 hektar yang sesuai dengan tata ruang. Namun Budi belum dapat memastikan luas lahan dengan kepemilikan subjek lain yang akan dimanfaatkan dalam pembangunan Meikarta.

"Ada lahan yang belum dibebaskan. Data kita (Kementerian ATR) masih ada kepemilikan di dalamnya," ujar Budi. (plt)

tag: #proyek-meikarta  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 26 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan ...
Berita

Ketua DPD PAN Ahmad Fauzi Nilai Zulkifli Hasan Layak Lanjutkan Ketum PAN

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua DPD PAN Kabupaten Labuhanbatu Utara sumut Ahmad Fauzi Syahputra menilai, Zulkifli Hasan layak dan pantas untuk kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum), PAN ...